Petugas Laboratorium RSUD Kapuas Mengikuti Pelatihan PCR ke Labkes Provinsi Kalsel

KUALA KAPUAS – Untuk persiapan melayani kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Kabupaten Kapuas dan sekitarnya, sejak akhir tahun kemarin tanggal 29 Desember 2020 RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mengirimkan petugas laboratorium klinisnya untuk mendalami terkait pelayanan pemeriksaan PCR bertempat di Gedung Laboratorium Kesehatan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Jl. Bumi Mas Raya Pemurus Baru Kota Banjarmasin.

Petugas laboratorium yang ditugaskan mengikuti pelatihan berjumlah 4 orang yang terdiri dari 1 (satu) orang dokter spesialis mikrobioligi klinik dan 3 (tiga) orang petugas analis laboratorium kesehatan.

Adapun pemeriksaan PCR atau polymerase chain reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Ditemui di ruang kerjanya tanggal 17 Februari 2021, dr. Satria Ramli, Sp.MK selaku dokter penanggung jawab pelayanan Instalasi Laboratorium Rumah Sakit menjelaskan bahwa terbatasnya laboratorium pengujian di daerah khususnya Kalimantan Tengah menyebabkan lamanya pengujian spesimen dari suspek Covid-19. Hal ini dikarenakan waktu yang dibutuhkan daerah untuk mengirimkan spesimen dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain. Keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19.

dr. Satria Ramli, Sp.MK

Seperti diketahui, pembangunan gedung Laboratorium Bio Safety Level -2 (BSL-2) yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Bidang Cipta Karya di kawasan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah hampir selesai, tinggal menunggu penyelesaian dari lantai epoxy sesuai standar kesehatan.

“Semoga dengan pelatihan peningkatan pengetahuan dan skill dari petugas Laboratorium Rumah Sakit ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, membantu masyarakat, terutama di Kabupaten Kapuas dan sekitarnya sehingga dapat selalu terjaga kesehatannya serta mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu,” pungkasnya. (PKRSKps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *