Hasil Survey Kepuasan Masyarakat 2018

Laporan Hasil Survey Kepuasan Masyarakat RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Tahun 2018

I. PENDAHULUAN

1. Perangkat Daerah : RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo
2. Alamat : Jl. Tambun Bungai No. 16 Kuala Kapuas

3. Jenis Layanan :

1) Pelayanan Medik
2) Pelayanan Keperawatan
3) Pelayanan Penunjang Medik
4) Pelayanan Administratif

4. Produk Layanan :

1) Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (24 jam)
2) Pelayanan Rawat Inap Kelas VIP, Kelas 1,2,dan 3
3) Pelayanan Rawat Jalan Poliklinik (10 Spesialisasi)
4) Pelayanan Tindakan Operatif
5) Pelayanan Intensive Care Unit (ICU)
6) Pelayanan Penunjang Medik (Pemeriksaan Laboratorium, Radiologi, Instalasi Gizi, Rehabilitasi Medik / Fisioterapi CSSD, IPSRS, Laundry)
7) Pelayanan Unit Transfusi Darah (UTD)
8) Pelayanan Hemodialisa
9) Pelayanan Medical Check Up (MCU)
10) Pelayanan Instalasi Farmasi / Apotek 24 jam
11) Pelaksanaan Penyuluhan dan Promosi Kesehatan
12) Pelayanan Pemulasaran Jenazah
13) Dst.

5. Maklumat Pelayanan :

“Pimpinan beserta staf BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai Standar Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah yang telah ditetapkan.
Dan apabila dalam penyelenggaraan pelayanan kami, tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan, kami bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan yang berlaku“.

II. KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN

1. Kegiatan : Survei Kepuasan Masyarakat

2. Tempat Survei : Ruang Rawat Jalan dan Rawat Inap RSUD

3. Waktu pelaksanaan survei : 1-20 Oktober 2018

4. Nama Pencacah/ petugas pengumpul data :

a. Popo Subroto, SKM
NIP.19860227 200802 1 001
b. Desi Damayanti, ST
NIP. –

5. Penanggung Jawab Survei :

dr. Jum’atil Fajar, M.HlthSc
NIP. 19700919 200003 1 005
Kepala Bidang Pelayanan Medik

III. HASIL YANG DICAPAI
A. Identitas Responden
Jumlah responden pelaksanaan survei kepuasan masyarakat sebanyak 100 orang. Dari total responden keseluruhan dapat dideskripsikan responden berdasarkan umur, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir serta pekerjaan. Adapun gambaran responden yang menjadi target survei dapat dilihat pada grafik dibawah ini.

1. Umur/Usia

Hasil di atas menyatakan bahwa usia dominan dari responden yang menerima pelayanan dari RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo adalah usia 31-35 tahun yaitu sebesar 18 responden, usia 19-25 berjumlah 15 responden, dan 12 responden lainnya berusia dari 36-40 tahun. Hal ini jauh berbeda dengan survei yang dilakukan tahun 2017, yaitu usia dominan mulai dari usia 31-40 tahun berjumlah 34 %. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat dengan usia dewasa muda ikut berpartisipasi dalam survei kepuasan masyarakat.

2. Jenis Kelamin

Berdasarkan data diagram di atas menyatakan bahwa survei kepuasan masyarakat pada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo tahun 2018 yaitu 46% responden adalah pria sedangkan 54% adalah Perempuan. Sedangkan pada survei tahun 2017 jumlah responden pria 51% dan responden Perempuan 49%. Dengan hal ini pengguna layanan pada survei pada tahun 2017 yaitu pada responden laki-laki mengalami penurunan dan berbanding terbalik dengan responden Perempuan yang mengalami peningkatan, ini dibuktikan dengan selisih margin sebesar 5 % untuk responden laki-laki sedangkan untuk responden Perempuan mengalami peningkatan sebesar 5 %.

3. Pendidikan terakhir

Berdasarkan diagram di atas dapat disimpulkan bahwa pada aspek Pendidikan terdapat 18% responden dari jenjang S1, 11% dari jenjang D1/D2/D3, 0% dari jenjang S3/S2, dan sebanyak 39% dari jenjang SMA/SMK, 16% dari jenjang SMP dan 16% dari jenjang SD. Dari data di atas dapat diketahui bahwa pemohon informasi publik paling banyak dari kalangan responden lulusan SMA. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah responden dengan pendidikan SMA relatif lebih besar, kemudian dilanjutkan dengan responden dengan pendidikan S1, dan diurutan selanjutnya diikuti oleh responden dengan pendidikan SD-SMP. Dalam survei ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan pada tingkat pendidikan untuk mendapatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dan semua responden dari berbagai pendidikan dapat berpastisipasi terhadap survei kepuasan masyarakat.

4. Pekerjaan Utama

Berdasarkan data di atas menyatakan bahwa sebanyak 0% responden adalah POLRI, 3% adalah TNI, 7% adalah Wiraswasta, 21% PNS, 26% Swasta serta 43%
adalah Lainnya. Hal ini menjelaskan bahwa Pekerjaan Lainnya (Ibu Rumah Tangga, Petani, Pelajar/Mahasiswa, dll) mendominasi dalam pertisipasi pada survei kepuasan masyarakat pada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

B. Unsur Pelayanan
1. Persyaratan Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya yaitu 85 % responden menjawab sesuai.
b. Telah ditampilkan persyaratan di tempat umum/ media sosial sehingga diketahui oleh masyarakat.
c. Persyaratan telah dipermudah dan tidak berbelit-belit.

Langkah perbaikan :
Prosedur pelayanan akan semakin ditingkatkan sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

Hasil survei pada tahun 2018 :

Unsur Pelayanan 2018
Persyaratan 85 %

2. Prosedur Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa pemahaman responden terhadap kemudahan prosedur pelayanan di unit yaitu 76 % responden menjawab mudah.
b. Prosedur telah sistematis dan mudah untuk di mengerti oleh masyarakat.
c. Adanya petugas RSUD yang menjelaskan prosedur pelayanan kepada masyarakat.

Langkah perbaikan :
Prosedur sudah sesuai dengan SOP yang berlaku di masing-masing unit kerja dan untuk langkah perbaikan akan terus dikembangkan sesuai dengan standar pelayanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Hasil survei pada tahun 2018 :

Unsur Pelayanan 2018
Prosedur 76 %

3. Waktu Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa kecepatan waktu dalam memberi pelayanan yaitu 66 % responden menjawab cepat.
b. Petugas RSUD sudah cepat dan tanggap dalam melakukan penanganan pelayanan kepada masyarakat baik secara urgen atau darurat.
c. Petugas RSUD berusaha untuk memberikan pelayanan dengan senyum, sapa dan salam.

Langkah perbaikan :
Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo akan terus ditingkatkan dengan memberikan pelatihan kepada petugas kami agar ilmu yang didapat dapat terus dikembangkan.

Hasil survei pada tahun 2018 :

Unsur Pelayanan 2018
Waktu Pelayanan 66 %

4. Biaya/Tarif Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa pendapatan masyarakat tentang kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan yaitu 54 % responden menjawab banyak yang sesuai.
b. Dalam hal ini RSUD telah memiliki buku daftar tarif pelayanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kapuas, dan pada buku tarif tersebut juga telah dilakukan pembagian kelas berdasarkan pelayanan awal yang telah dilakukan oleh masyarakat.

Langkah perbaikan :
Perbaikan akan dilakukan apabila ada perubahan pada tarif RSUD melalui rapat yang akan dilakukan secara internal dan kemudian akan diajukan kembali kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Hasil survei pada tahun 2018 :

Unsur Pelayanan 2018
Biaya/Tarif Pelayanan 54 %

5. Produk Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan yaitu 80 % responden menjawab banyak yang sesuai.
b. Dalam hal ini RSUD dapat mencapai kesesuaian antara produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan tidak lain karena kemampuan dari petugas untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sebagai pasien sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Langkah perbaikan :
Untuk meningkatkan produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan kepada masyarakat maka kami akan meningkatkan kualitas dan kuantitas untuk petugas agar semakin cakap dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Hasil survei pada tahun 2018 :
Unsur Pelayanan 2018
Produk Pelayanan 80 %

6. Kompetensi Petugas Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa kompetensi/kemampuan petugas dalam pelayanan yaitu 71 % responden menjawab mampu untuk memberikan pelayanan.
b. Dalam hal ini RSUD selalu mengupayakan agar kemampuan petugas dalam pelayanan harus sesuai dengan standar yang telah berlaku di RSUD dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Langkah perbaikan :
Untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam pelayanan di RSUD, maka pihak manajemen RSUD sudah menyiapkan seminar atau pelatihan yang mendukung pengetahuan petugas dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Hasil survei pada tahun 2018 :
Unsur Pelayanan 2018
Kompetensi Petugas Pelayanan 71 %

7. Perilaku Petugas Pelayanan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa perilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahan yaitu 68 % responden menjawab mampu sopan dan ramah.
b. Dalam hal ini RSUD selalu mengupayakan agar petugas selalu dapat bersikap sopan dan ramah kepada masyarakat sebagai pasien sesuai dengan standar pelayanan di RSUD.

Langkah perbaikan :
Untuk meningkatkan attitude/sikap petugas dalam pelayanan kepada masyarakat agar selalu sopan dan ramah, dilakukan pelatihan komunikasi efektif dan evaluasi setiap kinerja yang dilakukan petugas RSUD.

Hasil survei pada tahun 2018 :
Unsur Pelayanan 2018
Perilaku Petugas Pelayanan 68 %

8. Sarana dan Prasarana

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa kualitas sarana dan prasarana yaitu 69 % responden menjawab banyak sesuai.
b. Untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana RSUD berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung pelayanan, mulai dari penambahan kursi tunggu pasien, kursi roda untuk pasien yang tidak mampu berjalan, toilet, fasilitas parkir dan masih banyak fasilitas lainnya yang memudahkan pasien agar nyaman dalam menerima pelayanan di RSUD.

Langkah perbaikan :
Untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di RSUD, pihak RSUD telah melakukan beberapa tahapan perubahan dari tahun ke tahunnya dengan menambah atau mengantikan sarana dan prasarana yang telah rusak serta apabila sarana dan prasarana tersebut dinilai dalam rupiah yang besar maka akan dimasukkan dalam anggaran perencanaan RSUD agar secepatnya dapat direalisasikan karena berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Hasil survei pada tahun 2018 :
Unsur Pelayanan 2018
Sarana dan Prasarana 69 %

9. Penanganan Pengaduan

Faktor pemicu kelemahan/kelebihan :
a. Berdasarkan hasil survei dapat terlihat bahwa penanganan pengaduan pengguna layanan yaitu 66 % responden menjawab sangat puas.
b. Untuk meningkatkan penanganan pengaduan pengguna layanan di RSUD kami telah menyediakan petugas pengaduan pelayanan, apabila ada hal-hal yang tidak berkenan, kurang paham, ataupun komplain dari masyarakat dapat langsung menuju ke petugas pengaduan.
c. Petugas pengaduan pelayanan RSUD ini dapat dihubungi 24 jam dengan nomor pengaduan yang telah tertera di ruang pengaduan yang berada tidak jauh dari akses tempat pelayanan rawat jalan dan rawat jalan, yang mudah ditemui oleh masyarakat.

Langkah perbaikan :
a. Untuk meningkatkan pelayanan di bagian pengaduan ini, maka petugas kami telah disiapkan dan dibekali dengan pelatihan yang mendukung dari kinerja si petugas tersebut.
b. Apabila ada hal yang tidak mampu untuk diselesaikan oleeh petugas pengaduan maka, petugas akan menindaklanjuti kepada pihak manajemen yang mana jika berhubungan dengan kebijakan.

Hasil survei pada tahun 2018 :
Unsur Pelayanan
2018
Penanganan Pengaduan 66 %

IV. KESIMPULAN DAN SARAN
1. Dari total pengolahan indeks kepuasan masyarakat per responden dan per unsur pelayanan maka diperoleh nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yaitu  (79,37)  yang berarti mutu pelayanan (Baik).


2. Dari 9 (Sembilan) unsur yang disurvei kepada masyarakat maka unsur yang mendapatkan respon tertinggi dari pengguna layanan adalah unsur kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayanannya yaitu 85 % responden menjawab sesuai Sedangkan unsur yang mendapatkan respon terendah yaitu bahwa pendapat masyarakat tentang kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan yaitu 54 % responden menjawab banyak yang sesuai.
3. Beberapa hal yang perlu menjadi perbaikan dimasa yang akan datang berdasarkan hasil survei ini yaitu untuk unsur ke-4 tentang biaya/tarif pelayanan maka perbaikan akan dilakukan apabila ada perubahan pada tarif RSUD melalui rapat yang akan dilakukan secara internal dan kemudian akan diajukan kembali kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas.

V. PENUTUP
Demikian laporan hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas kami buat sebagai bahan peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Kapuas, terima kasih.

Dibuat di : Kuala Kapuas
Pada tanggal : 24 Oktober 2018

Plt Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo,

dr. AGUS WALUYO, MM

www.debonair blog.com pornobom.org xnxx aunty
olx haridwar sobazo.com olx andhra pradesh
aunty undressing indiantube.mobi age of razzak khan
mxhamster.com hqtube.org tamilredtube
guns and thighs.com indianhub.me xvideo bollywood actress
animal sex xvideos gekso.mobi indian six vedio
japanese mom son sex videos 3gpkings.pro clipage mms
massage xxx xxxvideohd.info movierulz pe
sunny sexy desiporn.pro www desiauntysex
xnxx hd download newindiantube.mobi teen sex bengali
henti comic hentai.name eroquis!
porn bollywood pakistanixxxtube.mobi hindi sexy video hd me
porne video dirtyindiansex.info xnnxmalayalam
sax video hindi wildindiantube.info fedenet
unsatisfied aunties in bangalore indiancloud.mobi sex doll video