RSUD Kapuas Bisa Melayani Periksa Swab RT-PCR SARS CoV-2 Untuk Umum / Mandiri

KUALA KAPUAS – Menindaklanjuti Keputusan Menteri Kesehatan No.HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Untuk menegakkan diagnosis pasien yang terduga terinfeksi COVID-19 dibutuhkan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metode deteksi molekuler/Nucleic Acid Amplification Test (NAAT) seperti pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Lab. Klinik RSUD Kapuas

Berkenaan dengan banyaknya permintaan tes mandiri dari masyarakat umum terkait permintaan pemeriksaan RT-PCR yang menjadi syarat / kewajiban untuk melaksanakan pekerjaan di Perusahaan maupun Pihak swasta lainnya maka RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyediakan fasilitas pelayanan pemeriksaan RT-PCR untuk umum / mandiri.

Dijelaskan oleh Kepala Seksi Penunjang Medik, Yessie, S.Sos, bahwa pemeriksaan RT-PCR yang dilakukan oleh rumah sakit atau laboratorium saat ini memiliki tarif yang bervariasi, sehingga menimbulkan ketidakpastian bagi seluruh pihak terkait dalam pelayanan pemeriksaan RT-PCR.

Kasie. Penunjang Medik Yessie, S.Sos

Berdasarkan hal tersebut, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menerapkan standar tarif pemeriksaan RT-PCR. Tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri/mandiri.

Batasan tarif itu tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak atau rujukan kasus COVID-19 ke rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau merupakan bagian dari penjaminan pembiayaan pasien COVID-19.

Petugas Lab sedang memeriksa sampel

Adapun tarif untuk pemeriksaan RT-PCR untuk permintaan sendiri / mandiri yaitu Rp.900.000,- dengan waktu pemeriksaan setiap hari kerja, Senin hingga Sabtu, pada pukul 08.30 WIB, 10.00 WIB, 12.00 WIB, dan 14.00 WIB. Untuk hasil RT-PCR pun dapat selesai dengan cepat dalam sehari pengerjaan di Laboratorium Klinik Rumah Sakit Kapuas.

“Semoga dengan adanya tambahan pelayanan RT-PCR mandiri ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Kapuas dan sekitarnya sehingga mendapatkan kemudahan untuk pemeriksaan kesehatan dan menjalankan aktifitas pekerjaan yang penting atau tidak dapat ditunda,” pungkasnya. (PKRSKps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *