Kunjungan Kerja Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat ke RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS –Dalam rangka memastikan implementasi monitoring dan evaluasi serta kendala yang dihadapi dalam pelayanan peserta JKN di rumah sakit, Perwakilan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat bersama rombongan Tim BPJS Cabang Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan kunjungan monitoring dan evaluasi ke RSUD Kapuas, bertempat di kawasan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16, Rabu (21/02/2024).

Rombongan ini diterima langsung oleh Direktur dr. Agus Waluyo, MM, didampingi oleh para Jajaran Direksi RSUD Kapuas seperti Kabag, Kabid, Kasi dan Kasubbbag, dimana beliau menyambut hangat akan kunjungan lapangan dari Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat terkait kunjungan pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN yang ada di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Dewan Pengawas BPJS Kesehatan yang diwakili oleh Bapak Indra Yana, SH memaparkan bahwa kedatangannya yang didampingi oleh Tim BPJS Kesehatan Cabang Kapuas ini dalam rangka memantau fasyankes rumah sakit yang terpilih, melihat langsung keadaan lokasi fasyankes, mengecek data, fasilitas, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan kepada pasien dalam pelaksanaannya di RSUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Kedatangan Tim rombongan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ini langsung menelurusi kondisi lapangan di area RSUD Kapuas terkait Unit-unit kerja maupun Instalasi yang diminta, baik yang merupakan layanan unggulan, maupun unit / instalasi yang memerlukan pembenahan untuk menjadi perhatian kepada pihak-pihak terkait

Selepas telusur lapangan unit kerja dan instalasi di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, seluruh rombongan berkumpul di Bangunan Aula Lantai 2 Ruang Manajemen untuk menghadiri presentasi dari Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo, MM.

Dr. Agus begitu beliau disapa menyampaikan antara lain Profil Rumah Sakit Kapuas meliputi Jumlah kunjungan peserta BPJS, Jenis layanan yang dimiliki, Layanan unggulan, Capaian indikator rawat inap, 10 diagnosa penyakit terbanyak, Ketersediaan SDM di fasilitas kesehatan, Inovasi yang dilakukan fasilitas kesehatan dalam pelayanan peserta BPJS Kesehatan, dan Aspek penting lainnya yang berkaitan dengan pelayanan peserta BPJS Kesehatan.

Selanjutnya ditambahkan tentang upaya fasilitas kesehatan dalam komitmen pencegahan fraud layanan JKN, pengelolaan verifikasi klaim dan pembayaran klaim program JKN, serta kendala yang dihadapi dan cara mengatasi kendala tersebut, jumlah klaim pending dan dispute yang terjadi selama 3 tahun terakhir, hasil verifikasi paska klaim selama 1 tahun terakhir serta kendalanya, serta penyampaian kendala penggunaan SIMRS dan integrasinya dengan sistem milik BPJS Kesehatan.

“Semoga dengan kedatangan kunjungan dari Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Pusat ini sekaligus koordinasi pihak yang terkait monitoring dan evaluasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Kapuas dan fasyankes RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini dapat membantu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan khususnya di Kabupaten Kapuas ini,” pungkasnya menutup acara. (PromkesRSUDKps)