Antusiasme Peserta Lulus PPPK 2023 Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan / Medical Check Up (MCU) di RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – Berdasarkan Surat dari Kepala BKPSDM Kab. Kapuas No. 800.1.2.1/153/P3I/ BKPSDM/2023 tentang Pemeriksaan Kesehatan PPPK Formasi Tahun 2023, dan pelaksanaan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut bertempat di Gedung RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16 sejak Hari Kamis (28/12/2023) hingga (14/01/2024).

antrian peserta MCU PPPK di loket pendaftaran

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Kapuas mengumumkan kelulusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Kapuas yang berjumlah sekitar kurang lebih 2000 orang, dimana RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas selaku fasillitas kesehatan tingkat lanjut ditunjuk untuk memberikan pemeriksaan kesehatan lengkap bagi seluruh peserta tersebut yang sebagian besar terdiri dari kualifikasi tenaga fungsional guru, kesehatan serta sebagian tenaga teknis.

antrian peserta MCU PPPK di laboratorium

Dijelaskan terpisah oleh Kasubbag. Rekam Medik dan Pelaporan, Nurdiana, S.Kep, mengutarakan antara lain jenis pemeriksaan Medical Check Up (MCU) yang harus dijalani oleh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terdiri dari komponen Pemeriksaan Fisik Lengkap melalui Cek laboratorium lengkap, Pemeriksaan Narkoba, dan Pemeriksaan Rohani (MMPI).

Mengingat waktu untuk menjalani Medical Check Up memerlukan waktu minimal 2 (dua) hari per orang guna mendapatkan hasil lengkap pemeriksaan secara keseluruhan, hal ini menimbulkan antusias dan kepadatan peserta PPPK yang mengantri mendapatkan layanan medical check up atau pemeriksaan kesehatan lengkap karena surat hasil pemeriksaan kesehatan nantinya akan digunakan sebagai syarat kelengkapan pemberkasan.

antrian peserta MCU PPPK di radiologi

RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah mempersiapkan panitia MCU yang membagi tugas dan kewenangannya untuk memudahkan para peserta pemeriksaan Medical Check Up (MCU). Bahkan para panitia rela bekerja lembur tanpa libur dihari Minggu maupun tanggal merah pada tanggal 1 Januari 2024 guna membantu pelayanan kesehatan bagi peserta.

Nurdiana, S.Kep

“Diucapkan selamat bagi para peserta yang telah menerima pengumuman kelulusan PPPK, dan diharapkan dalam menjalani pemeriksaan Medical Check Up (MCU) agar dijaga stamina kesehatannya, karena MCU ini memerlukan beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui, sehingga dibutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima guna didapatkan hasil pemeriksaan kesehatan yang terbaik,” pungkasnya mengakhiri obrolan. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)