Pro Emergency Dan RSUD Kapuas Melaksanakan Pelatihan Basic Life Support (BLS) dan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Tahun 2023

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan dan menjaga skill atau keterampilan SDM tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan Pelatihan Basic Life Support (BLS) dan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Tahun 2023, berlangsung sejak hari Rabu, (01/11/2023) hingga Jum’at, (03/11/2023) bertempat di Aula Hotel Raudah yang beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 17, Kuala Kapuas.

Acara dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo, MM, didampingi Kabid. Pelayanan Medik dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, Kabid. Keuangan, Yuli Antie, SE, MM, serta Kabid. Keperawatan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, dan dihadiri oleh jajarannya, serta Tim Panitia dari Pro Emergency, Tim Panitia Bidang Keperawatan, serta seluruh peserta kegiatan yang telah terdaftar.

Adapun kegiatan ini bekerjasama dengan Tim Pro Emergency dari Bogor Jawa Barat, sebagai instruktur pelatihan yang terdiri dari Ns. Tri Handayani, S.Kep selaku Ketua Tim, dr. Ahmad Jamaluddin, M.Kes, Ns. Yuyun Yuniaty, S.Kep, Ns. Maulin Nasikah, M.Kep, dan Ns. Sri Rohayati, S.Kep., yang nantinya akan membimbing serta mengeluarkan sertifikat kelulusan pelatihan BLS dan ACLS ini.

Pro Emergency memfokuskan pelatihan kegawatdaruratan dengan meningkatkan skill dan ilmu pengetahuan bagi tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan yang mengabdikan tanggung jawab mereka di klinik, rumah sakit, puskesmas yang akan berdampak pada peningkatan kualitas SDM Tenaga Kesehatan di Indonesia yang diharapkan peningkatan SDM tersebut meminimalisir risiko komplikasi gawat darurat serta melatih tenaga kesehatan untuk siaga bencana.

“Pelatihan dari Pro Emergency ini mengadopsi standar dari (AHA) American Heart Association dimana pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan Rumah Sakit kepada masyarakat Kabupaten Kapuas khususnya. Dengan adanya pelatihan ini, tenaga tenaga kesehatan yang ada di RSUD Kapuas menjadi memiliki kualitas lebih dan sesuai dengan standar rumah sakit kita yang mencapai akreditasi paripurna.” ujar Ketua Panitia, Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM.

Tercatat sebanyak 20 orang yang terdiri dari dokter IGD dan perawat IGD dan ICU yang bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mengikuti pelatihan ini dari awal hingga akhir kegiatan selama 3 (tiga) hari, untuk mengupgrade dan update skill atau kemampuan, serta untuk memperpanjang masa berlaku sertifikat pelatihan BLS dan ACLS bagi yang bertugas melayani pasien berhubungan dengan kegawatdaruratan. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)