PJ Bupati Kapuas Mengunjungi Dan Mengecek Kondisi Pelayanan Kesehatan Di RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – PJ Bupati Kapuas, Erlin Hardi, ST melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kamis (26/10/2023). Diterima oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM beserta jajarannya, PJ Bupati meninjau pelayanan dan fasilitas kesehatan yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16 Kuala Kapuas.

Untuk diketahui, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas merupakan stau-satunya Rumah Sakit yang memiliki beragam fasilitas seperti Unit Gawat Darurat (UGD), pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Pelayanan rawat jalan mencakup pelayanan dokter spesialis, dokter umum dan dokter gigi, serta pelayanan penunjang kesehatan lainnya.

PJ Bupati Kapuas berbincang dan melihat kondisi paviliun RS

Dalam kunjungannya, PJ Bupati memastikan bahwa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini berfungsi dan berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang bermutu dan menjaga keselamatan pasien. Beliau juga mengecek kegiatan Kirkes Jemaah Haji Kab. Kapuas Tahap I untuk Tahun 2024 yang sedang berlangsung di RSUD Kapuas. Selanjutnya telusur lapangan melihat keadaan di ruang Paviliun Poliklinik Rawat Jalan, Unit Fisioterapi, hingga layanan cuci darah di Unit Hemodialisa.

“Secara umum, alur pelayanan dan fasilitas yang ada di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini sudah cukup baik. Mungkin secara fisik karena ini gedung lama, perlu ada beberapa renovasi untuk pembaharuan supaya pasien yang datang bisa merasa lebih nyaman. Hal ini tentunya menjadi perhatian supaya tetap menjaga kualitas, sarana prasarananya kita dorong supaya menjadi lebih baik”, ungkap PJ Bupati.

dr. Agus Waluyo, MM menyambut baik kunjungan PJ Bupati tersebut. Ia mengatakan bahwa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas masih terus berbenah untuk selalu menyediakan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kapuas, seperti dengan mencari penambahan SDM kesehatan atau Dokter Spesialis yang dibutuhkan, sarana dan prasarana alat-alat kesehatan yang sesuai dengan perkembangan terbaru teknologi kesehatan supaya seluruh pasien dapat ditangani langsung di Kuala Kapuas tanpa perlu dirujuk ke rumah sakit tetangga. Pasca pandemi Covid-19, RSUD Kapuas mulai mengalami peningkatan kunjungan yang diimbangi juga dengan peningkatan kualitas fasilitas yang ada.

“Kami memiliki pelayanan kegawatdaruratan IGD 24 jam, dengan kapasitas rawat inap 151 bed / tempat tidur mulai dari kelas VIP, kelas I, kelas II dan kelas III saya rasa fasilitas yang ada disini sudah cukup lengkap dan nyaman. Rata-rata setiap hari ada dua ratusan pasien yang datang untuk berobat. Kami melayani pasien umum, asuransi JKN / BPJS dan juga seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan lanjutan yang dirujuk atau tidak bisa dilaksanakan di fasyankes tingkat pertama atau puskesmas”, jelas dr. Agus.

Di akhir kunjungan, PJ Bupati menghimbau kepada Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, seluruh dokter, nakes, staf, dan jajarannya untuk tetap semangat dan meningkatkan kualitas pelayanan. Pemerintah Kabupaten Kapuas juga akan mendukung dalam hal perbaikan dan pemenuhan fasilitas demi kepuasan dan kenyamanan layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kapuas. (PromkesRSUDKps)