Kunjungan Kerja Studi Komparatif DPRD Barito Kuala Marabahan Ke RSUD Kapuas Terkait Inovasi Penerapan Aplikasi SILAPIS

KUALA KAPUAS – Beberapa anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala (Marabahan) Kalimantan Selatan bersama rombongan melaksanakan kegiatan kunjungan kerja studi komparatif ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas terkait Implementasi Aplikasi Silapis yang sudah berjalan di RSUD Kapuas, bertempat di Aula RSUD Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16, Jum’at (20/10/2023).

Rombongan Komisi II anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala (Marabahan) Kalimantan Selatan yang datang melaksanakan Kegiatan Kunjungan Kerja Studi Komparatif ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, antara lain dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kab. Barito Kuala, yaitu Bapak Saleh, didampingi pula oleh Dra. Arfah selaku Wakil Ketua DPRD, Nanang Kaderi, SH, selaku Ketua Komisi II, Muhran, SH, selaku Wakil Ketua Komisi II, beserta 8 (delapan) orang anggota DPRD, juga 4 (empat) orang pendamping dari Setwan dan 5 (orang) perwakilan dari Manajemen RSUD H. Abdul Aziz Marabahan.

Sambutan dari Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo, MM

Kedatangan rombongan ini diterima langsung oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM, didamping oleh Kabag. Kesekretariatan dan RM, H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, Kabid. Keuangan, Yuli Anti, SE, MM, dan Kabid. Keperawatan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, selaku inisiator Proyek Perubahan Diklat PIM III-nya melalui Inovasi Aplikasi Silapis yang diterapkan di RSUD Kapuas, dan juga dihadiri oleh semua staf yang terkait.

Presentasi dari Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM terkait APlikasi Silapis

dr. Agus begitu beliau disapa, menyatakan senang atas kunjungan kerja studi komparatif dari Komisi II anggota DPRD Kabupaten Barito Kuala (Marabahan) Kalimantan Selatan beserta rombongan. Diharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat maupun perubahan positif bagi RSUD H. Abdul Aziz Marabahan terutama dalam adopsi maupun adaptasi implementasi terkait pelaporan mutu dan keselamatan pasien menggunakan Aplikasi Silapis.

Sekretaris Komisi II DPRD Barito Kuala Bapak Basrin menanyakan tentang tindak lanjut apabila ada laporan terkait insiden keselamatan pasien menggunakan Aplikasi Silapis. dr. Agus menjelaskan, apabila ada laporan dari pasien di RSUD Kapuas, akan diarahkan ke bagian Unit Pengaduan dan diteruskan ke Tim Mutu dan Keselamatan Pasien terkait insiden keselamatan pasien serta segera ditindaklanjuti guna mendapatkan solusi atau penyelesaian masalah yang terbaik terntunya segala sesuatunya dimasukkan atau diinput datanya di Aplikasi Silapis.

Sesi Tanya Jawab dari Rombongan DPRD dan Tim dari Barito Kuala

Selain itu, Bapak Abriansyah selaku Kabid. Keperawatan perwakilan dari RSUD H. Abdul Aziz Marabahan mengapresiasi terlaksananya Kunjungan Kerja Studi Komparatif ini, dimana RSUD Marabahan selama ini sudah melaksanakan laporan insiden mutu dan keselamatan pasien akan tetapi masih manual, sehingga menyambut baik dengan adanya aplikasi seperti Silapis yang bersifat digital sehingga pelayanan kesehatan di Marabahan ke depannya dapat mengefisiensi penggunaan kertas, juga menghemat dalam penggunaan waktu. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)