Orientasi Umum Mahasiswa Magang di RSUD Kapuas Periode Oktober Tahun 2023

KUALA KAPUAS – Pada Hari Senin tanggal 16 Oktober 2023 Unit Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyelenggarakan kegiatan Orientasi Umum kepada mahasiswa / mahasiswi dari berbagai universitas, yang dilaksanakan di Gedung Lantai 2 Aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jl. Tambun Bungai No. 16 di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini dibuka oleh Eka Ristia Subroto, S.Kep, Ns, MM selaku Koordinator Unit Diklat beserta Tim Diklat, dan diisi oleh narasumber dari Pokja Akreditasi Rumah Sakit antara lain dari Pokja KE (Komunikasi Efektif) oleh dr. Erny Indrawati yang memberikan edukasi tentang Komunikasi Efektif di Rumah Sakit, dan Popo Subroto, SKM, M.I.Kom, yang memaparkan tentang Promosi Kesehatan dan Hubungan Rumah Sakit dengan Masyarakat, Pokja PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) oleh Mega Selvia, S.Kep, Ns tentang Standar dan Aturan PPI di Rumah Sakit, Pokja PKPO (Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Obat) oleh Eka Fujiastuti, S.Farm, Apt, dan Pokja SKP (Sasaran Keselamatan Pasien) oleh Sayid Mulyo Widodo, S.Kep, Ns.

Foto bersama Narasumber, Panitia, dan Peserta Mahasiswa Magang

“Kegiatan orientasi umum ini rutin dilaksanakan apabila ada mahasiswa / mahasiswi baru, maupun karyawan baru yang bekerja di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, sesuai dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit menurut KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) yang wajib dijalani sebelum seluruh mahasiswa / mahasiswi magang memulai aktifitasnya di rumah sakit,” ujarnya.

Adapun jumlah mahasiswa / mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 9 orang dengan berbagai jurusan perkuliahan antara lain, dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Jurusan Teknik Informatika berjumlah 3 orang, Universitas Sari Mulya Banjarmasin Jurusan Profesi Kebidanan berjumlah 1 orang, dan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Jurusan Profesi Keperawatan (Ners) sebanyak 5 orang.

Diharapkan seluruh mahasiswa / mahasiswi yang bertugas magang ini dapat menyerap ilmu dan pengalaman yang bermanfaat dalam proses penugasan magangnya karena ilmu teori yang sudah pernah didapatkan terkadang berbeda atau menyesuaikan dengan realita di dilapangan sehingga perlu kecermatan dari seluruh peserta magang guna tercapainya peningkatan SDM yang menjadi maju dan terampil. (PromkesRSUDKps)

Mahasiswa / Mahasiswi Peserta Magang
Paparan materi oleh Pokja KE