RSUD Kapuas Selenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M

KUALA KAPUAS – Pada Hari Jum’at tanggal 6 Oktober 2023 melalui Majelis As Syifa yang merupakan wadah perkumpulan kerohanian karyawan / karyawati RSUD Kapuas yang beragama Islam dalam menjaga kesehatan rohaninya, dengan mengikuti Siraman Rohani yang bertempat di Mushola RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jl. Tambun Bungai No. 16 di Kabupaten Kapuas.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M ini terselenggara berkat koordinasi Bapak M. Shaleh, S.Ag selaku Rohaniawan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beserta anggota-anggota Majelis As Syifa dan tentunya dukungan dari seluruh pihak-pihak yang terkait seperti jajaran Direksi dan seluruh karyawan/karyawati RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Tuan Guru H. Ahmad Mubarak memberikan tausyiah bersama manajemen RSUD Kapuas dan para jemaah

Acara dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh jajaran direksi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas seperti dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc selaku Kabid. Pelayanan Medik, H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, selaku Kabag. Kesekretariatan dan Rekam Medik, Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM selaku Kabid. Keperawatan, dan juga seluruh jajaran serta jema’ah karyawan/karyawati yang ikut antusias menghadiri maulid Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan lantunan dari Grup Maulid Habsy Al Wasyilah dari Basarang.

Pada kesempatan selanjutnya, disampaikan tausyiah oleh Tuan Guru H. Ahmad Mubarak selaku Pimpinan Majelis Al-Barokah Banjarmasin yang memberikan siraman rohani yaitu mengenai Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau menjelaskan, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan suatu wujud ungkapan rasa syukur dan kegembiraan serta penghormatan kepada Rasulullah SAW karena berkat jasa dan pengorbanan beliau, alhamdulillah ajaran agama Islam sampai kepada kita.

Pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Santri Grup Maulid Habsy Al Wasyilah dari Basarang

Tuan Guru H. Ahmad Mubarak mengatakan ada beberapa hikmah dari pelaksanaan peringatan Nabi Muhammad SAW antara lain mengajak umat untuk terus membaca shalawat. Bershalawat kepada Nabi diperintahkan oleh Allah Taala, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56).

Memperingati maulid Nabi Muhammad SAW merupakan ekspresi kegembiraan dan kesenangan dengan beliau. Meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW dimana bagi seorang mukmin, kecintaan terhadap Rasulullah SAW adalah sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan. Kecintaan pada utusan Allah ini harus berada di atas segalanya, melebihi kecintaan pada anak dan istri, kecintaan terhadap harta, kedudukannya, bahkan kecintaannya terhadap dirinya sendiri. Rasulullah bersabda: “Tidaklah sempurna iman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orangtua dan anaknya.” (HR. Bukhari).

Hikmah selanjutnya menjadikan perilaku dan perbuatan mulia Rasulullah SAW di dalam setiap gerak dan sendi kehidupan kita. Kita tanamkan keteladanan Rasul ini dalam keseharian kita, mulai hal terkecil, hingga paling besar, mulai kehidupan duniawi, hingga urusan akhirat.

“Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, jika dilaksanakan dengan baik dan penuh adab tentu akan memiliki dampak yang baik terhadap tumbuh kembangnya rasa cinta kita kepada baginda Nabi Muhammad SAW dan ajarkan kepada generasi-generasi kita selanjutnya untuk selalu mencintai dan meneladani Rasulullah SAW selaku utusan Allah SWT pemberi syafa’at dan penyayang ummat-Nya,” pungkasnya mengakhiri tausyiah. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)

Berikut galeri foto / dokumentasi pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Tahun 2023 :