SiLapis Sistem Laporan Insiden Keselamatan Pasien Berbasis Digital di RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – SiLapis Sistem Laporan Insiden Keselamatan Pasien Berbasis Digital di RSUD dr. H. Soemarno Sosroamodjo Kuala Kapuas mulai diterapkan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada karyawan yang terkait, sejak hari Senin tanggal 2 Oktober 2023, bertempat di Gedung Aula RSUD dr. H. Soemarno Sosroamodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16 Kuala Kapuas.

Acara dibuka dengan sambutan perwakilan Direktur yaitu diwakili oleh Kabag. Kesekretariatan dan Rekam Medis, H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, yang mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi aplikasi SiLapis ini, dimana pelaksanaannya dilakukan selama 4 hari berturut-turut hingga tanggal 5 Oktober 2023 dan dibagi dalam beberapa tahapan yaitu 2 hari paparan materi dan 2 hari praktik implementasi kegiatan dilapangan.

Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, selaku Kepala Bidang Keperawatan menjelaskan bahwa SiLapis singkatan dari Sistem laporan Insiden Keselamatan Pasien Berbasis Digital dimana setiap tenaga kesehatan seperti perawat atau bidan yang bertugas di RSUD Kapuas dapat menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan secara singkat dan efisien apabila di dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan, ditemukan suatu insiden keselamatan pasien di ruang atau unit mereka bekerja, tentunya menggunakan teknologi informasi yang berbasis digital.

Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM

Beliau menambahkan aplikasi SiLapis ini adalah Proyek Perubahan Diklat PIM III Tahun 2023 yang diinisiasi dan inovasi oleh dirinya yang diselenggarakan dan diimplementasikan ke dalam pelayanan kesehatan di instansi RSUD dr. H. Soemarno Sosroamodjo Kuala Kapuas dan diharapkan dapat bermanfaat bagi mutu pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUD Kapuas.

Adapun yang menjadi narasumber atau pemberi materi terkait kewajiban dalam pelaporan insiden keselamatan pasien adalah dr. Edwin Bima Putra Lius dan Yuliza, SKM, MM dari Pokja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) Akreditasi Rumah Sakit beserta Tim dari Bidang Keperawatan dr. H. Soemarno Sosroamodjo Kuala Kapuas.

Foto bersama peserta sosialisasi aplikasi SiLapis

Di dalam pelaksanaannya, seluruh Kepala Ruang, Perawat Primer, serta seluruh staf perawat dan bidan yang berjumlah kurang lebih 245 orang diberikan pelatihan untuk menjalankan aplikasi Silapis dan materi terkait sosialisasi SOP SiLapis, Pelatihan pelaporan insiden keselamatan pasien, serta Simulasi SiLapis di lapangan atau unit kerjanya.

“Diharapkan dengan penerapan aplikasi SiLapis ini seluruh staf kesehatan yang bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mampu mengoperasikan aplikasi SiLapis ini dalam hal pelaporan segala suatu terkait insiden keselamatan pasien apabila terjadi di unit kerjanya masing-masing, dimana sudah dipermudah pengoperasiannya secara digital, sehingga data kejadian dapat diproses secara cepat, tepat, dan akurat,” ujarnya menutup kegiatan. (PromkesRSUDKps)

Simulasi SiLapis diruang unit kerja masing-masing
Foto bersama Kabid. Keperawatan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM bersama Tim Keperawatan dan Pokja PMKP terkait aplikasi SiLapis