RSUD Kapuas Membuka Layanan Poliklinik Paru Setelah Memiliki Tambahan Dokter Spesialis Paru

KUALA KAPUAS – Pada awal bulan Oktober 2023 ini, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah kembali mendapatkan tambahan (SDM) Sumber Daya Manusia Kesehatan Dokter Spesialis Paru yaitu dr. Aina Nurlaila, Sp.P, yang bertugas Sebagai Dokter Spesialis Penanggung Jawab Pelayanan di Ruang Isolasi Tanjung dan UPF. Poliklinik Paru.

dr. Aina Nurlaila, Sp.P, merupakan Dokter Spesialis Paru, alumni dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan sudah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan pada Program Studi Pulmonologi sejak tanggal 10 Juli 2023. Beliau mengikuti pendidikan dokter spesialis berdasarkan rekomendasi dari RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah dan kembali didayagunakan untuk mengabdi melayani masyarakat di Kabupaten Kapuas.

Surat pemberitahuan pembukaan layanan Poliklinik Paru di RSUD Kapuas

Setelah pandemi telah berjalan dua tahun lebih, perilaku baru telah terbentuk seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, namun kini keadaan COVID-19 sudah berlalu. Bahkan, WHO telah mencabut Status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 pada tanggal 5 Mei 2023. Akan tetapi masyarakat harus tetap waspada karena penularan virus masih ada dan harus tetap menjaga daya tahan tubuh pribadi dan keluarga masing-masing.

Pada pertengahan tahun 2023 ini Kabupaten Kapuas dilanda kabut asap akibat dari merebaknya kebakaran lahan setelah dilanda musim kemarau yang cukup panjang sehingga membuat lahan gambut yang kering dan merupakan sebagian besar permukaan tanah di Kalimantan Tengah menjadi mudah terbakar serta menimbulkan efek kabut asap di beberapa kabupaten termasuk Kabupaten Kapuas. Kabut asap ini menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan oksigen yang bersih sehingga menderita penyakit seperti, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), batuk, asma, iritasi, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) lainnya.

RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memiliki Ruang Rawat Inap Penyakit Paru dimana merupakan ruangan rawat inap yang melayani pasien dengan penyakit paru-paru antara lain seperti ISPA, Tuberculosis, Covid-19, dan penyakit paru – paru lainnya yang dilengkapi dengan ruangan isolasi. Di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, ruang rawat penyakit paru berada di Ruang Tanjung atau Ruang Isolasi yang merupakan unit perawatan untuk pasien penyakit paru dan butuh ruangan khusus dan alat – alat kesehatan yang khusus pula.

Semoga dengan adanya dokter spesialis paru dan pernafasan ini, layanan kesehatan di RSUD Kapuas mampu berjalan dengan maksimal, terlebih setelah seluruh dunia didera pandemi virus Covid-19 yang memerlukan pelayanan penyakit paru intensif, sehingga pasien dapat segera tertangani dan memperoleh kesehatan diri. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)