Kunjungan Kegiatan RSUD H. Abdul Aziz dan PT. Najib Sukses Ke RSUD Kapuas Terkait Persiapan Layanan Hemodialisa di Marabahan

KUALA KAPUAS – Rombongan Tim dari RSUD H. Abdul Aziz Marabahan Barito Kuala Kalimantan Selatan dan PT. Najib Sukses melaksanakan kegiatan kunjungan kerja ke RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas perihal persiapan ruang dan kegiatan layanan hemodialisa yang akan dilaksanakan dan diterapkan di rumah sakitnya, bertempat di Unit Hemodialisa RSUD Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16, Rabu (27/09/2023).

Adapun Direktur RSUD H Abdul Aziz Marabahan, dr. Aan Widhi Anningrum bersama rombongan dr. H. Fathurrahman, M.Sc, Sp.PD., FINASIM, dr. Akhmad Rudianoor, Sp.PD, beserta rombongan direksi manajemen RSUD H. Abdul Aziz Marabahan seperti Kasi dan Kasubbag serta jajarannya yang berkaitan dengan kegiatan kunjungan tersebut, berkoordinasi dengan PT. Najib Sukses melihat langsung kondisi Unit Pelayanan Hemodialisa di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Presentasi dr. Daya Daryadijaya, Sp.PD

Kedatangan rombongan ini diterima langsung oleh Kabid. Pelayanan Medik, dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, beserta jajarannya, dan beliau menyatakan senang dengan kunjungan rombongan dari RSUD H. Abdul Aziz Marabahan Barito Kuala Kalimantan Selatan dan PT. Najib Sukses dalam hal berbagi pengalaman selama RSUD Kapuas memberikan pelayanan hemodialisis kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas serta proses yang dijalani selama ini.

Acara selanjutnya yaitu presentasi dari dr. Daya Daryadijaya, Sp.PD selaku Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Unit Hemodialisa RSUD Kapuas yang memaparkan berbagai tahapan, proses, pembangunan, perijinan, SDM, hingga pelayanan Unit Hemodialisa RSUD Kapuas dapat melayani masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah / hemodialisis seperti sekarang ini yang sudah berjalan selama beberapa tahun.

Sambutan dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc

Beliau mengatakan siap membantu apabila RSUD Marabahan membutuhkan persyaratan yang diperlukan untuk proses perijinan, standart unit hemodialisis, serta tentunya rekomendasi dari PERNEFRI (Perhimpunan Nefrologi Indonesia) untuk layanan hemodialisis.

Saran dari pihak PT. Najib Sukses terkait penyediaan alat kesehatan yang berkaitan dengan hemodialisa dapat disediakan nantinya, tetapi terkait SDM nakes yang akan memberikan pelayanan hemodialisa di RSUD Marabahan, seperti dokter spesialis, dokter umum dan perawat yang terlatih Hemodilisa dapat disegerakan terlebih dahulu untuk mengikuti pelatihan resmi hinga memperoleh sertifikasinya, diikuti dengan proses pembangunan gedung yang sesuai standart sehingga pada saat proses perijinan dan visitasi dapat berjalan secara lancar dan tidak ada kekurangan.

Rombongan Tim dari RSUD H. Abdul Aziz Marabahan

dr. Juma’til menambahkan, semoga dengan kunjungan ini RSUD H. Abdul Aziz Marabahan mendapatkan gambaran mengenai layanan hemodialisa dari rumah sakit terdekat bahkan bisa lebih maju dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Marabahan, serta menjadi alternatif rumah sakit yang mampu menyediakan jenis pelayanan hemodialisis di Kalimantan Selatan tentunya bermanfaat bagi kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing terutama untuk layanan cuci darah. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)