Hari Jum’at Beriman Awal September Karyawan Karyawati Mengikuti Tausiyah Di Majelis As Syifa RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – Pada Hari Jum’at pertama di awal Bulan September, yaitu tanggal 1 September 2023 melalui Majelis As Syifa yang merupakan wadah perkumpulan kerohanian karyawan / karyawati RSUD Kapuas yang beragama Islam dalam menjaga kesehatan rohaninya, dengan mengikuti Siraman Rohani yang bertempat di Mushola RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jl. Tambun Bungai No. 16 di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini terselenggara berkat koordinasi Bapak M. Shaleh, S.Ag selaku Rohaniawan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beserta anggota-anggota Majelis As Syifa dan tentunya dukungan dari seluruh pihak-pihak yang terkait seperti jajaran Direksi dan SMF RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Penceramah pada hari itu disampaikan oleh Ustadz Fahruraji Bin Muhyar Bin KH. Gurdan Hadi yang memberikan siraman rohani yaitu mengenai Orang Islam yang tidak merugi. Allah berfirman melalui Alqur’an Surah Al Ashr Ayat 1-3, dimana menyebutkan bahwa manusia berada dalam kerugian, kecuali mereka yang beriman hatinya dan anggota tubuhnya mengerjakan amal-amal yang shaleh. Allah SWT memperingatkan tentang pentingnya waktu dan bagaimana seharusnya diisi, yakni dengan amal yang bermanfaat.

Beliau menjelaskan bahwa Orang Islam yang tidak merugi yang pertama adalah orang yang mensyukuri nikmat iman, kedua orang yang beramal sholeh, ketiga orang yang saling memberi nasehat / menasehati dalam kebenaran, dan yang terakhir atau keempat adalah orang yang senang dengan kesabaran atau wasiat dalam kesabaran.

Selanjutnya dijelaskan Ustadz Fahruraji bahwa di dalam kita bermasyarakat, berinteraksi, atau dalam lingkungan sosial pertemanan, sebagai umat muslim ada tata cara dalam menegur teman yang telah melakukan kesalahan sesuai dengan ajaran Islam, yaitu pertama menegur dengan tangan tetapi secara halus, sopan dan tanpa kekerasan, kedua mengingatkan dengan lisan tanpa menyinggung perasaan orang yang diingatkan, serta yang ketiga dengan mendo’akannya ke arah kebaikan.

“Semoga seluruh karyawan tenaga kesehatan yang bekerja di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini bukan merupakan orang yang merugi, tetapi merupakan orang-orang yang beriman dan beramal shaleh yang memberikan kemampuan profesinya masing-masing dalam mengobati orang-orang atau pasien yang sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan sehingga pasien menjadi sehat wal’afiat”, pungkasnya mengakhiri tausiyah di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. (PromkesRSUDKps)