Laboratorium Klinik RSUD Kapuas Meraih Hasil Uji Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal PCR Covid-19 Tahun 2023 Dengan Nilai Penuh

KUALA KAPUAS – Pada tanggal 31 Agustus 2023, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memdapatkan Sertifikat Hasil Uji Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal PCR Covid-19 Tahun 2023 dengan Nilai Penuh sesuai dengan tanggal Sertifikat No. PL.03.02/H.III/7697/2023 pada tanggal 03 Juli 2023.

Adapun Uji Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal PCR Covid-19 Tahun 2023 diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) , dan bekerjasama dengan World Health Organization (WHO).

Berdasarkan wawancara dengan dr. Satria Ramli, M.Ked.Klin, Sp.MK., yang merupakan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik selaku Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Instalasi Laboratorium Mikrobiologi Klinik di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, hasil yang didapatkan berdasarkan Hasil Uji Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal PCR Covid-19 didapatkan Nilai Penuh yang artinya dari seluruh sampel yang diuji semuanya merupakan hasil dengan tingkat akurasi yang optimal atau 100% sesuai.

dr. Satria Ramli, M.Ked.Klin, Sp.MK

“Hasil ini sudah didapatkan selama dua tahun terakhir, dan telah dinilai setiap tahunnya serta bersyukur atas kinerja Laboratorium RSUD Kapuas selalu mendapatkan hasil Nilai Penuh atau Optimal dan mendapatkan sertifikat ini sejak tahun lalu,” ujarnya.

Selanjutnya wawancara dengan Dwi Widjajanti, SST, selaku Kepala Ruang Instalasi Laboratorium Klinik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang mana pada tahun ini juga mendapatkan penghargaan pribadi sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Terbaik di Kalimantan Tengah Tahun 2023.

Dwi Widjajanti, SST

Beliau sangat bersyukur atas hasil terbaik yang dicapai dari hasil Uji Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal PCR Covid-19 di Laboratorium Mikrobiologi Klinik ini. Selain itu Laboratorium Patologi Klinik RSUD Kapuas dengan dokter spesialis penanggung jawab dr. Arlan Prabowo, Sp.PK, juga mengikuti Uji Pemantapan Mutu Eksternal lainnya terkait pelayanan Patologi Klinik dan hasilnya juga baik dan beberapa sangat memuaskan.

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dan terwujud berkat kerjasama yang solid dari seluruh anggota tim yang bertugas di Laboratorium RSUD Kapuas tanpa terkecuali, dan diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk waktu ke depannya,” akhir kata beliau menutup wawancara.

Penulis: (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)