Rayakan Idul Adha 2023 RSUD Kapuas Salurkan Qurban Empat Ekor Sapi

KUALA KAPUAS, – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyalurkan beberapa hewan qurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2023/1444 H, pada hari Sabtu, (01/07/2023). Hewan qurban tersebut dibagikan kepada karyawan/karyawati rumah sakit serta disalurkan masyarakat yang membutuhkan di sekitar wilayah Kuala Kapuas.

Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM menjelaskan, momentum peringatan Hari Raya Idul Adha merupakan peringatan agama Islam untuk berbagi dan peduli dengan sesama.

Penyembelihan di RPH (Rumah Potong Hewan)

“Qurban merupakan ibadah kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT, misalnya dengan membagikan daging hasil kurban kepada orang-orang sekitar, terlebih bagi mereka yang kurang mampu, sehingga setiap individu dapat merasakan kebahagiaan yang sama, karena saling berbagi,” kata dr. Agus dalam keterangannya.

Menurut Muhammad Shaleh selaku Rohaniawan RSUD Kapuas dan pengurus Majelis As-syifa menjelaskan bahwa Majelis As-Syifa yang berada di RSUD Kapuas yang merupakan majelis ummat muslim bagi karyawan/karyawati yang bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dimana memfasilitasi bagi anggotanya dalam memudahkan karyawan / karyawati RS yang memiliki niat ibadah dalam berqurban, panitia qurban melalui Mushola As-syifa RSUD Kapuas berkoordinasi bersama seluruh karyawan/karyawati yang beragama Islam dan berniat ibadah qurban di RSUD Kapuas.

Ada beberapa hal yang dapat dipetik dalam kegiatan ini antara lain harapan dalam pelaksanaan ini dapat selalu dilaksanakan setiap tahunnya, dimana setiap individu bisa merasakan kebahagiaan yang sama dan saling berbagi. Menjalin silaturahmi dengan orang sekitar Hari Raya Idul Adha dimaknai sebagai momen untuk menjalin silaturahmi dengan orang sekitar, dimana saling berkumpul dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar dan tentunya menjadi sebuah tradisi untuk mempererat hubungan silaturahmi. Memupuk rasa empati dimaknai dengan tujuan meningkatkan rasa peduli terhadap sesama. Bagi karyawan/karyawati yang mampu atau memiliki rezeki lebih tidak ada salahnya untuk berkurban, sehingga bisa menyisihkan sebagian hartanya untuk kebaikan dan berbagi kepada sesama masyarakat yang membutuhkan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, diketahui jumlah hewan qurban yaitu sebanyak 3 ekor sapi dari kelompok karyawan Majelis As-Syifa dan 1 ekor sapi dari direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

(Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)