Pendampingan Akuntabilitas BLUD RSUD Kapuas Melalui Transformasi Aplikasi Sistem Akuntansi FORSA BLUD Arahan Dari BPKP

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas mendapatkan bimbingan langsung pelatihan dari Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah terkait pelaksanaan Akuntabilitas BLUD Melalui Transformasi Sistem Akuntansi BLUD melalui aplikasi keuangan FORSA BLUD, bertempat di Aula Gedung Manajemen RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, yang beralamat Jl. Tambun Bungai No.16, Kuala Kapuas Kalimantan Tengah, mulai hari Senin hingga Selasa (26-27/06/2023).

Agenda pelatihan langsung Aplikasi Keuangan FORSA BLUD ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi, beserta Bendahara Keuangan, dan yang berhubungan dengan pelaporan dan aplikasi pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Adapun narasumber yang memberikan atau melatih adalah Hendrikus Tri Wahyu dari Bidang Akuntan Negara BPKP beserta beberapa Tim BPKP yang mendampingi pembelajaran menggunakan Aplikasi FORSA BLUD selama dua hari hingga pejabat yang terkait mampu untuk mengoperasikan dan menjalankan aplikasi keuangan tersebut.

Seperti diketahui definisi BLUD adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktfitasnya.

Menurut paparan Akuntan BPKP Hendrikus Tri Wahyu menjelaskan kegiatan pendampingan pelatihan selama 2 (dua) hari terkait bagian keuangan ini untuk penggunaan aplikasi Forsa BLUD rumah sakit, dimana nantinya juga akan diberikan akun otorisasi bagi direktur dan pejabat RSUD yang berwenang dan terkait untuk dapat mengakses aplikasi.

Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, mengatakan dengan implementasi penggunaan Aplikasi Keuangan FORSA BLUD ini diharapkan aplikasi tersebut nantinya dapat terkoneksi atau terintegrasi dengan SIM RS Khanza yang sudah terinstal dan dijalankan, sehingga pengelolaan data menjadi lebih mudah.

Kepala Bidang Keuangan RSUD Kapuas, Yuli Antie, SE, MM, menambahkan bahwa dengan penggunaan aplikasi FORSA BLUD ini diharapkan memudahkan untuk pelaporan akuntansi keuangan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mulai dari awal tahun 2023, sehingga diharapkan nantinya mampu memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

(Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)

Hendrikus Tri Wahyu dari Bidang Akuntan Negara BPKP didampingi Kabid. Keuangan RSUD Kapuas
Pejabat yang terkait mendengarkan presentasi