Tim RSUD Kapuas Mengikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan BLUD di Yogyakarta

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah bersama rombongan dan perwakilan dari Sekretariat Daerah, SOPD, Dewan Pengawas, serta Instansi terkait pengelolaan keuangan, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), bertempat di Aula Gedung The Rich Yogyakarta Hotel, yang beralamat Jl. Magelang No.18, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai hari Rabu hingga Sabtu (14-17/06/2023).

Agenda bimtek ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. Septedy, M.Si bersama dengan perwakilan dari Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) seperti Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab. Kapuas (BPKAD), Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kab. Kapuas (BPPRD), Inspektorat Kab. Kapuas, Dewan Pengawas BLUD, dan tentunya Tim Pengelolaan Keuangan BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang dipimpin langsung oleh Direktur dr. Agus Waluyo, M.M.

Dalam wawancaranya, dr. Agus menjelaskan yang pertama dari hasil bimtek tersebut merupakan bertujuan untuk menyamakan persepsi pemahaman terkait implementasi BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, baik dari Pemerintah Daerah Kab. Kapuas maupun RSUD, dimana juga dihadiri oleh perwakilan dari BPKAD, Dewan Pengawas, BPPRD, Auditor Inspektorat serta tim yang terkait pengelolaan keuangan BLUD di RSUD Kapuas.

Kedua ditambahkan beliau, terkait pengelolaan BLUD dari hasil Bimtek tersebut, BLUD memberikan fleksibilitas dalam hal tata kelola dibandingkan dengan tata kelola keuangan menggunakan APBD. “Dasar aturan menggunakan Peraturan Bupati (Perbup) dan diturunkan menjadi Peraturan Direktur (Perdir),” ujarnya.

Adapun dari pihak narasumber bimbingan teknik dengan tema Pemantapan Mengimplementasikan PPK-BLUD di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah ini bersedia untuk selalu mendampingi atau dihubungi dalam hal penguatan implementasi pengelolaan BLUD di RSUD Kapuas.

Menurut Kasubbag. Umum dan Perencanaan, Solestyanto, S.Kep, M.M., mengatakan dari bagian umum dan perencanaan BLUD RSUD Kapuas, kedepannya diberikan kemudahan alur pengusulan, pengadaan, pemberkasan hingga barang diterima sesuai dengan fleksibilitas BLUD, dan usulan atau permintaan akan dilakukan secara elektronik.

Kasie. Penunjang Medik, Setiawati, SKM menambahkan, dalam proses pengadaan tetap memperhatikan asas efektif dan efisien. Selanjutnya hasil dari Bimtek ini akan ditindaklanjuti dan dirapatkan serta disepakati bersama pihak terkait untuk menyusun kebijakan dan SOP yang berhubungan dengan BLUD guna kelancaran pelayanan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

(Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom.)