Lomba Senam Cuci Tangan Karyawan di RSUD Kapuas Tahun 2022

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tahun 2022 dan Persiapan Survey Akreditasi, RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menggelar Lomba Senam Cuci Tangan (Hand Hygiene) Akreditasi Rumah Sakit pada seluruh karyawan rumah sakit dari tiap perwakilan unit / instalasi ruang kerja masing-masing, bertempat di halaman RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jalam Tambun Bungai No. 16, pada Hari Kamis, Tanggal 15 Desember 2022.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM dan didampingi oleh jajaran manajemen rumah sakit dan seluruh staf. Beliau mengatakan memberikan apresiasi kepada para peserta lomba dari tiap-tiap ruangan atau unit kerja yang memeriahkan kegiatan ini.

Adapun dewan juri yang menilai perlombaan Senam Cuci Tangan / Dance Hand Hygiene ini adalah Kepala Bidang Keperawatan, Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, Instruktur Senam Berlisensi Nasional & Owner Sanggar Mega Power, Prilianti Ramasari, dan IPCN Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUD Kapuas, Mega Selvia, S.Kep, Ns.

Kemudian Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM yang juga selaku Ketua Pelaksanaan Akreditasi RSUD Kapuas, menghimbau kepada seluruh karyawan rumah sakit harus untuk selalu memetik pelajaran dari kewajiban memcuci tangan karena seluruh karyawan rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan wajib hapal 6 langkah cuci tangan sesuai dengan Standar Akreditasi Rumah Sakit yang terbaru yang disingkat STARKES Tahun 2022.

Kegiatan lomba Senam Cuci Tangan / Dance Hand Hygiene untuk karyawan RSUD Kapuas ini total diikuti oleh 12 (dua belas) grup perwakilan dari masing-masing unit kerja, ruang rawat inap, dan instalasi yang ada di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

“Berdasarkan hasil kesepakatan dewan juri, melalui pertimbangan kekompakan, kreatifitas, kostum atau seragam, dan ketepatan gerakan 6 langkah cuci tangan, maka didapatkan hasil Juara Favorit I Ruang VK, Juara Favorit II Ruang Tanjung, Juara Harapan III Ruang ICU, Juara Harapan II Ruang Laboratorium, Juara Harapan I Kenanga, Juara Ketiga Dahlia, Juara Kedua Cempaka, dan Juara Pertama dari IGD,”pungkasnya mengakhiri pengumuman. (Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)