RSUD Kapuas Raih Penghargaan Persentase Penggunaan/Belanja Alat Kesehatan Dalam Negeri Tertinggi se- Pulau Kalimantan

BALIKPAPAN – Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM, didampingi oleh Kasubbag Umum dan Perencanaan, Solestyanto, S.Kep, MM, menghadiri acara Business Matching dan Pameran Aksi Afirmasi Peningkatan Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri dan pemberian penghargaan kepada RSUD dengan Persentase Penggunaan/Belanja Alat Kesehatan Dalam Negeri Tertinggi se-Pulau Kalimantan, pada hari Selasa s.d. Kamis (04-06/10/2022) pagi bertempat di Ruang Ballroom, Hotel Gran Senyiur Jl. ARS Moh. No.7, Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Acara ini dibuka oleh Direktur Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Roy Himawan, S. Farm, Apt, M.K.M, dan dilanjutkan dengan materi Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan Pada Industri Alat Kesehatan Dalam Negeri, Pembukaan Pameran Alat Kesehatan Produksi Indonesia, dan Pemberian Penghargaan kepada 3 (tiga) RSUD di wilayah Pulau Kalimantan dengan nilai belanja alat kesehatan dalam negeri tertinggi.

Pada hari kedua, dilaksanakan materi Diskusi Situasi Kebijakan Alat Kesehatan untuk Peningkatan Penggunaan Alkes Dalam Negeri yang dipandu oleh Moderator Mario Apriliansyah, ST., MT., selanjutnya Sosialisasi Regulasi terkait Sertifikasi TKDN pada Produk Alat Kesehatan oleh Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian), Peran Pengawasan Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri oleh BPKP (Direktur Pengawasan Bidang Sosial dan Penanganan Bencana, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), Prioritas Penggunaan Alat Kesehatan Dalam Negeri oleh RSUP Dr. M. Djamil Padang, Dukungan Katalog Sektoral Alat Kesehatan dalam Peningkatan Penggunaan Alkes Dalam Negeri (Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Kementerian Kesehatan), Tutorial ALKES MOBILE untuk Informasi Izin Edar dan Pelaporan Alat Kesehatan Dalam Negeri Dalam Rangka Pengawasan Produk Alat Kesehatan (Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan), serta Penjelasan Pelaksanaan Business Matching alat kesehatan dalam negeri.

Pada hari ketiga diberikan Pelaksanaan Presentasi Produk Alat Kesehatan dan Tematik Evaluasi dan diakhiri dengan Rencana Tindak Lanjut serta penutupan acara. Pada kesempatan ini diumumkan bahwa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mendaptkan penghargaan sebagai Peringkat Ketiga kategori Penggunaan Alkes Dalam Negeri Tertinggi Se-Pulau Kalimantan. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM)