PERINGATI HARI PERAWAT NASIONAL TAHUN 2022 PPNI KAB. KAPUAS ADAKAN SEMINAR KEPERAWATAN DI RSUD KAPUAS

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memperingati Hari Perawat Nasional Tahun 2022, Persatuan Perawat Nasional Indonesia DPD Kabupaten Kapuas menyelenggarakan Seminar Keperawatan di Aula Gedung RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas bersama para anggotanya pada, Kamis (17/03/2022).

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI Kab. Kapuas, Elvina Togalami, S.Kep, MM yang juga merupakan Kasi. Keperawatan Rawat Jalan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menyampaikan bahwa pentingnya eksistensi perawat dalam melayani kesehatan sepenuh hati terutama masih di masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini.

Diihadiri pula oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo, MM didampingi oleh Kabag. Kesekretariatan dan Rekam Medik, H. Jamaluddin, SKM, M.Kes yang turut memberikan sambutan dan apresiasi peringatan HUT PPNI.

Sebagaimana diketahui, perawat mengambil peran penting selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Perawat terus menjalankan tugasnya merawat pasien meski berada di tengah ancaman risiko penularan Covid-19 yang tinggi. Hingga 17 Maret 2022, data Lapor Covid-19 menyebutkan sebanyak 2.066 tenaga kesehatan meninggal dunia dalam menangani pandemi Covid-19. Sebanyak 670 di antaranya adalah perawat.

Sejarah Hari Perawat Nasional sendiri tak lepas dari pendirian Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974 silam. Organisasi ini dicetuskan dengan alasan tenaga keperawatan yang harus berada di bawah organisasi profesi. Peringatan Hari Perawat Nasional Indonesia kali ini menandai 48 tahun usia PPNI.

Pada acara ini dipresentasikan materi dari narasumber Mega Selvia, S.Kep, Ns yang menjelaskan tentang Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Masa Pendemi Covid-19 dan Lilik Sugianto, S.Kep. Ns mengenai Pelayanan pasien Covid-19 di Rumah Sakit.

Ditambahkan Elvina, peringatan hari PPNI ke-48 ini adalah momen di mana perawat sebagai tenaga kesehatan haruslah berfikiran maju ke depan dalam meningkatkan keilmuan dibidang keperawatan tetapi juga selalu ingat akan resiko penularan penyakit sehingga penggunaan APD pun menjadi standar wajib sebagai pelindung dari berbagai penularan penyakit guna kesehatan dan keselamatan kerja. (PromkesRSUDKps)