Peringati Hari Kusta Sedunia, Promkes RSUD Kapuas Lakukan Edukasi di Radio

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) kembali mengudara di frekuensi 91,4 FM yang beralamat di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, yang mana pada kesempatan kali ini memberikan informasi dan edukasi dari narasumber yakni dr. Erny Indrawati yang membahas tentang Hari Kusta Sedunia ke-69 tahun 2022.

Dalam siaran tersebut disampaikan bahwa penyakit kusta adalah penyakit infeksi kronik yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae yang menyerang jaringan kulit, saluran pernafasan bagian atas, kemudian menyerang organ-organ lain kecuali saraf pusat.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk keluhan gejala pada pasien yang mengalami penyakit kusta biasanya terdapat tanda bercak-bercak kemerahan dan putih dengan bentuk plak-plak di daerah wajah serta telinga kemudian bercak putih tersebut tidak gatal tetapi menyebabkan mati rasa, kulit terasa seperti melepuh dan pasien tidak dapat merasakan nyeri.

Tim PKRS memberikan edukasi tentang penyakit kusta di radio

“Untuk pengobatan penyakit kusta disamping dengan obat-obatan, juga bisa dengan memberikan edukasi terhadap pasien dan keluarga sebab sangat penting dikarenakan pengobatan yang memakan waktu yang lama dapat menimbulkan kejenuhan terhadap pasien,” ujarnya.

Maka dari itu lanjutnya, Peringatan Hari Kusta sedunia tahun 2022 yang jatuh setiap minggu terakhir di bulan Januari setiap tahunnya, mengangkat tema Bersatu Untuk Martabat (United For Dignity). Yang bertujuan supaya semua orang mengerti bahwa orang-orang yang pernah mengalami penyakit kusta juga berhak atas kehidupan yang bermartabat, bebas dari stigma dan diskriminasi terkait penyakit kusta yang pernah dideritanya.

“Penyakit kusta bila cepat ditemukan dan segera diobati maka komplikasi yang dialami pasien akan semakin ringan, tidak akan mengalami mutilasi anggota tubuh. Pasien kusta yang telah sembuh tetap dapat bekerja seperti manusia sehat lainnya.” pungkasnya.(PromkesRSUDKps)