PERINGATI HARI IBU NASIONAL KARYAWATI RSUD KAPUAS MEMAKAI BAJU KEBAYA

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional ke-93 Tahun 2021 RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) RSUD Kapuas menghimbau untuk karyawati RSUD memakai baju kebaya nasional pada, Rabu (22/12/2021).

Guna memeriahkan peringatan ini, akan diberikan hadiah menarik bagi karyawati yang memakai kebaya terpilih dan juga penilaian untuk lomba kebersihan ruangan untuk Unit dan Instalasi di RSUD Kapuas. Alasan dipilih baju kebaya karena merupakan identitas baju nasional Republik Indonesia, tentunya dengan tetap mengedepankan norma kesopanan tanpa menghambat memberikan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Seperti diketahui sejarah Hari Ibu ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sebagai hari ibu. Hal ini karena pada tanggal tersebut pertama kalinya diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia yang dilangsungkan di Yogyakarta tahun 1928. Peristiwa ini dikenang sebagai awal mula perjuangan kaum perempuan di Indonesia.

Pada hari itu berbagai pemimpin dari organisasi perempuan di seluruh Indonesia berkumpul untuk bersatu dan berjuang untuk kemerdekaan serta perbaikan nasib kaum perempuan. Para pahlawan perempuan seperti Cut Nyak Dien, Rohana Koedoes, R.A. Kartini, dan juga Dewi Sartika memiliki peran penting dalam emansipasi wanita, dan pembangunan sekolah-sekolah untuk perempuan di Indonesia. Mereka berpikir bahwa seorang ibu yang pintar dan cerdas akan memiliki modal besar untuk menjadikan anaknya pintar.

Terlepas dari itu semua, hari ibu adalah momen di mana kita mengingat semua jasa-jasa yang pernah dilakukan oleh Ibu kita. Pada masa sekarang mungkin kita belum bisa membalas semua itu, setidaknya berusahalah menjadi anak yang baik dan membanggakan seorang Ibunya. Selamat Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 untuk seluruh ibu-ibu hebat di seluruh Indonesia. (PromkesRSUDKps)