PROMKES COVID-19 DI FARMASI RSUD KAPUAS

Pada hari Kamis, 16 Maret 2020 Pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Tunggu Apotek Farmasi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit tentang Covid-19 oleh Drs. Edel Sitorus, Apt, M.Si (Kepala Ruang Instalasi Farmasi), beserta Tim PKRS.

Pak Edel Sitorus menjelaskan Covid-19 merupakan singkatan dari CoronavirusDisesase 2019 yang merupakan penyakit yg disebabkan virus bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2.

Gejalanya yang timbul antara lain demam, batuk, sakit tenggorokan, lemas, dan sesak nafas. Penularannya melalui percikan ludah, batuk, bersin dari orang yang terinfeksi, virus terhirup orang terdekat, virus jatuh pada permukaan benda, virus masuk melalui mata, hidung, dan mulut dari tangan yang memegang benda yang bervirus.

Pencegahannya yaitu dengan makan cukup sayur dan buah, istirahat yang cukup, olahraga teratur, berhenti merokok dan hindari asap rokok, cukupi kebutuhan air, jangan stress, gunakan masker yang benar, lakukan etika batuk yang benar, jaga jarak, hindari kontak fisik dengan orang lain, bila batuk jangan melidah ke lantai, cuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun dengan air yang mengalir, dan jangan menyentuh wajah.

Kapan kita sebaiknya mencuci tangan yaitu setelah batuk dan bersin, setelah bepergian / beraktifitas di luar rumah, sebelum, saat, dan setelah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menangani hewan, setelah merawat orang sakit, dan sebelum menyusui.

Apabila anda atau kerabat anda mengalami gejala seperti di atas segera hubungi Satgas COVID-19 KUALA KAPUAS:
    1. Dinkes Kapuas: 085346057100
    2. RSUD Kapuas: 081352748559

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *