Simulasi Penanganan Corona Virus / Covid-19 RSUD Kapuas

Kuala Kapuas – Rumah Sakit Umum Daerah dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menggelar simulasi penanganan Virus Corona atau COVID-19. Rabu, 19 Maret 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yaitu dr. Agus Waluyo, MM bersama anggota Public Safety Center (PSC) 119 dan para dokter, perawat, serta tenaga medis lainnya.

Sebelum memulai kegiatan, para dokter dan perawat menjelaskan dan memperkenalkan cara pemasangan dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD) saat penanganan pasien yang positif terkena Covid-19.

Simulasi dimulai dengan pasien yang dirujuk ke RSUD oleh Tim PSC 119 menggunakan ambulance, kemudian pasien dibawa ke ruang pemeriksaan untuk di rontgen dan di cek hasilnya apakah pasien positif atau negatif terinfeksi virus.

Jika pasien positif terkena virus corona maka akan di rujuk penanganannya lebih lanjut ke RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya.

Dalam simulasi ini juga mempraktikkan beberapa petugas kesehatan dalam membersihkan mobil ambulance yang dipakai saat membawa pasien yang diduga terkena Virus Corona / Covid-19.

Solestyanto, S.Kep, MM selaku Kasie Rawat Inap RSUD Kapuas mengatakan kegiatan simulasi ini sebagai panduan tata cara penanganan, apabila ada pasien yang diduga terindikasi Covid-19 agar prosedur penanganannya diketahui oleh masyarakat luas karena Virus Corona / Covid-19 ini sangat berbahaya dan sangat cepat menular.

Ia berharap kegiatan ini juga bisa menjadi suatu pencerahan bagi masyarakat tentang apa saja yang harus di ikuti agar tidak salah kaprah dan sesuai SOP (Standar Operasional Pelayanan) dalam hal penanganan Covid-19 tersebut sehingga berguna dalam penanganan pasien dan tidak membahayakan petugas yang menangani.

“Intinya simulasi ini juga bertujuan untuk melihat apa saja kekurangan saat menangani pasien apabila ada ditemukan pasien yang terindikasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Kapuas, sehingga bisa diperbaiki kedepannya,”pungkasnya. (PKRSKps).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *