RSUD KAPUAS MELAKSANAKAN WORKSHOP PENINGKATAN MUTU PELAYANAN MELALUI KOMUNIKASI EFEKTIF BAGI TENAGA KESEHATAN DI FOVERE HOTEL

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pelayanan Melalui Komunikasi Efektif Bagi Tenaga Kesehatan yang berlangsung pada hari Selasa, (04/12/2024) bertempat di Aula Di Fovere Hotel, beralamat di Jalan Pemuda No. 77 Selat Dalam Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM, selaku Ketua Penyelenggara Acara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pj. Bupati Kapuas, Ir. H. Darliansjah, M.Si, yang memberikan sambutan dan arahan materi tentang pentingnya Komunikasi Efektif untuk pelayanan kesehatan.

Beliau juga memberikan apresiasi akan terselenggaranya workshop komunikasi efektif ini, karena dengan komunikasi yang efektif terutama di tempat pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, maka persentase penyembuhan pasien yang sakit akan lebih baik dibandingkan dengan komunikasinya yang kurang efektif, karena dengan dorongan semangat sehat dari pemberi pelayanan kesehatan (tenaga medis dan kesehatan) dan pelayanan kesehatan yang efektif dapat memicu faktor penyembuhan pasien, sehingga penggunaan obat dan terapi hanya menambah percepatan kesembuhan pasien.

Turut hadir para tamu undangan yang terkait kegiatan workshop ini antara lain Perwakilan dari OPD seperti Perwakilan Setda Kapuas, Inspektorat Kab. Kapuas, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kapuas, Kepala BKPSDM Kab. Kapuas, Kepala Dinas DPMPTSP Kab. Kapuas, Perwakilan Dinas Sosial, Perwakilan Disdukcapil, Perwakilan Diskominfosantik Kab. Kapuas, Dewan Pengawas RSUD Kapuas, dan juga dihadiri oleh jajaran Manajemen RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, serta seluruh peserta kegiatan yang telah terdaftar.

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pelayanan Melalui Komunikasi Efektif Bagi Tenaga Kesehatan ini adalah dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes, M.P.H, yang merupakan Direktur Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang Jawa Tengah, dan beliau merupakan Pakar Komunikasi Efektif untuk Tenaga Kesehatan.

Berdasarkan data panitia, jumlah peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini berjumlah 56 orang dari total 60 Peserta yang terdaftar, dimana terdiri dari beragam profesi antara lain, dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, terapis gigi dan mulut, fisioterapis, ahli gizi, radiografer, analis kesehatan, rekam medik, apoteker dan asisten apoteker, manajemen, admin, petugas frontline/admisi, satpam, dan tenaga pemberi pelayanan kesehatan lainnya yang terkait.

Diharapkan dengan terselenggaranya Workshop Peningkatan Mutu Pelayanan Melalui Komunikasi Efektif Bagi Tenaga Kesehatan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini, maka keramahan dan komunikasi yang diberikan oleh seluruh petugas pemberi layanan kesehatan di rumah sakit dapat semakin baik, sehingga kepuasan masyarakat di Kabupaten Kapuas akan tercapai sejalan dengan kriteria mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. (PromkesRSUDKps)