RSUD dr. H. Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas Gelar Forum Konsultasi Publik Tahun 2024

KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sostroatmojo Kuala Kapuas mengadakan Forum Konsultasi Publik Tahun 2024, bertempat di Aula RSUD Kapuas Lantai 2 yang beralamat Jalan Tambun Bungai No.16 Kuala Kapuas, pada Kamis (30/05/2024).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Kapuas, Drs. Saribi, M.Si, dan dihadiri oleh beberapa Kepala OPD, Organisasi atau Komunitas Masyarakat, Ketua MUI / Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, BPJS Kesehatan, Jurnalis, Perwakilan Masyarakat di sekitar RSUD, Jajaran Manajemen RSUD Kapuas, dan juga para tamu undangan lainnya.

Perwakilan diterima langsung oleh Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo, MM, didampingi jajaran manajemen rumah sakit. Dalam sambutannya dr. Agus biasa beliau disapa mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan Pertemuan Forum Konsultasi Publik bersama masyarakat Kabupaten Kapuas tahun 2024 ini.

Direktur RSUD Kapuas, dr. Agus Waluyo, M.M., yang menjadi pembicara pertama selanjutnya menyampaikan materi presentasi terkait jenis pelayanan kesehatan dan waktu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Ia menyoroti ketersediaan layanan termasuk dokter spesialis dan layanan BPJS yang dananya bersumber dari APBD dan BLUD. “Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan publik,” ujar dr. Agus.

Asisten III Setda Kapuas didalam sambutannya, Drs. Saribi, M.Si, menyampaikan apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan oleh RSUD Kapuas. Menurutnya, rumah sakit menjadi salah satu perhatian Ombudsman terhadap Kapuas. Beliau juga memberikan masukan terkait pentingnya portal layanan yang terintegrasi dengan Disdukcapil, BPJS, dan Dinas Sosial untuk meningkatkan pendataan dan pelayanan publik. Ia juga berharap sistem link dapat tercapai secara menyeluruh.

Setelah itu, acara kegiatan Forum Konsultasi Publik Tahun 2024 ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana dilakukan secara interaktif dengan para peserta. Segala permasalahan, usulan, dan saran yang disampaikan dari pihak perwakilan peserta yang hadir, dikonsultasikan, dan didiskusikan, sehingga didapatkan solusi penyelesaian kedepannya guna mengatasi kendala yang telah diketahui. Kemudian dilanjutkan dengan acara penandatanganan komitmen bersama yang ditandatangani oleh beberapa perwakilan dan tamu undangan yang sudah disiapkan.

Adapun yang dihasilkan dan menjadi poin utama dari forum konsultasi publik ini antara lain Inovasi Pelayanan yang berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan dan ketersediaan layanan medis, termasuk dokter spesialis, Integrasi Layanan, terkait usulan untuk mengintegrasikan layanan RSUD dengan Disdukcapil, BPJS Kesehatan, dan Dinas Sosial, serta Peningkatan Pelayanan Publik seperti upaya berkelanjutan untuk memenuhi standar pelayanan publik dan harapan masyarakat.

Selanjutnya para tamu undangan juga diajak untuk telusur lapangan melihat dan mengecek langsung kondisi unit-unit atau instalasi pelayanan kesehatan kepada pasien yang ada di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, seperti loket pendaftaran hingga situasi dan kondisi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dipandu oleh Kasi. Rawat Jalan, Elvina Togalami, S.Kep, Ns, MM.

Dengan terselenggaranya acara ini, maka hal ini menunjukkan komitmen dari RSUD dr. H. Soemarno Sostroatmojo untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan terus berinovasi demi memberikan hasil kepuasan masyarakat Kapuas, khususnya terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit. (PromkesRSUDKps)