Kegiatan On Job Training (OJT) Dokter, Perawat, dan Bidan FKTP Dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi

KUALA KAPUAS – Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas melaksanakan kegiatan On Job Training (OJT) Dokter, Perawat, dan Bidan di FKTP bersama Rumah Sakit, terkait kegawatdaruratan maternal dan neonatal yang berlangsung sejak hari Selasa, (28/11/2023) hingga hari Kamis, (30/11/2023) bertempat di Aula Gedung Lantai-2 Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beralamat di Jalan Tambun Bungai No. 16 Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, yang diwakili oleh Kepala Bidang Kesmas, Martono, S.Kep, MM, didampingi jajaran Tim Dinkes. Kabupaten Kapuas, dan juga dihadiri Kabid. Pelayanan Medik dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, beserta jajaran Manajemen RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, serta seluruh peserta kegiatan yang telah terdaftar.

Adapun pemberi materi Kegiatan On Job Training (OJT) Dokter, Perawat, dan Bidan FKTP Dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi (Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal) yaitu dr. Daniel Liando, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi yang bertugas di RSUD Kapuas, Mega Selvia, S.Kep, Ns, selaku IPCN dan pemateri Pencegahan dan Pengendali Infeksi (PPI), Popo Subroto, SKM, M.I.Kom, selaku pemateri Komunikasi dan Edukasi Kesehatan (KE), Sayid M. Widodo, S.Kep, Ns, selaku pemateri Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Widya Astuti, S.Kep, Ns, selaku pemateri Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Peserta yang terlibat dalam kegiatan OJT ini antara lain berjumlah 26 orang terdiri dari Dokter, Perawat, dan Bidan FKTP atau Puskesmas di Kabupaten Kapuas yang berhubungan dengan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi (Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal) antara lain dari Puskesmas Timpah, Puskesmas Pujon, Puskesmas Tamban Catur, Puskesmas Lupak, Puskesmas Dadahup, Puskesmas Mandomai, Puskesmas Barimba, Puskesmas Anjir Serapat, dan Puskesmas Tamban Baru.

Bapak Martono begitu beliau disapa menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya meningkatkan kapasitas SDM yang terdiri dari dokter umum, bidan, dan perawat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dalam Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas memfasilitasi pembelajaran keterampilan ini khususnya terkait kegawatdaruratan maternal dan neonatal dalam bentuk On Job Training (OJT).

“Diharapkan dengan adanya OJT kegawatdaruratan maternal dan neonatal ini, Tim Kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan, dan perawat dari FKTP yang mengikuti kegiatan iniselama beberapa hari, dapat menambah ilmu pengetahuan, dan keterampilannya serta mampu kompeten dalam menangani kegawatdaruratan maternal dan neonatal apabila ada pasien yang memerlukan pelayanan kesehatan di instansi FKTP tempatnya bekerja”, ujarnya menutup pelaksanaan kegiatan. (PromkesRSUDKps)