RSUD Kapuas Memiliki Tambahan Dokter Spesialis Anestesi Baru Untuk Optimalkan Pelayanan Anestesi dan Terapi Intensif

KUALA KAPUAS – Pada awal bulan Agustus 2023 ini, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah kembali mendapatkan tambahan (SDM) Sumber Daya Manusia Kesehatan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif yaitu dr. Lusianawati, M.Ked.Klin, Sp.An TI,, yang bertugas di Ruang Intensif Care Unit (ICU) dan UPF. Layanan Bedah.

dr. Lusianawati, M.Ked.Klin, Sp.An TI, merupakan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif, alumni dari Universitas Airlangga Surabaya dan sudah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif sejak tanggal 11 April 2023. Beliau mengikuti Program Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan memilih untuk bertugas selama satu (1) Tahun di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah.

Dengan tambahan tenaga medis ini, maka Ruang Intensif Care Unit (ICU) dan UPF. Layanan Bedah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memiliki dua orang Dokter Spesialis Anestesi yaitu bersama dengan dr. Asna Nasiqah, Sp.An yang juga merupakan Dokter Spesialis Anestesi yang sudah lama bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Seperti diketahui Ruang Intensive Care Unit (ICU) adalah ruangan khusus yang disediakan rumah sakit untuk merawat pasien dengan kondisi yang membutuhkan pengawasan ketat. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan medis khusus yang digunakan untuk menunjang proses pengobatan dan pemulihan pasien.

Di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, ruang perawatan intensif merupakan unit perawatan untuk pasien dengan penyakit serius dan butuh pemantauan ketat. Ruangan ini umumnya dilengkapi dengan peralatan dan tenaga kesehatan yang juga khusus dan terlatih.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, dengan bertambahnya SDM Dokter Spesialis Anestesi dan Terapi Intensif ini, pelayanan pasien yang memerlukan layanan bedah dan anestesi serta terapi intensif di RSUD Kapuas diharapkan selama satu tahun ke depan akan berjalan maksimal dan optimal, karena RSUD Kapuas dimana sebelumnya hanya memiliki seorang dokter spesialis anestesi sehingga sangat kewalahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama apabila memerlukan tindakan operatif yang harus dilakukan segera.

dr. Jum’atil Fajar begitu beliau disapa menjelaskan, dokter spesialis anestesi dan terapi intensif yang baru ini merupakan dokter yang ditugaskan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dalam Program Peserta Pendayagunaan Dokter Spesialis (PGDS) untuk memberikan pelayanan kesehatan anestesi dan terapi intensif di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas selama 1 (satu) tahun ke depan.

“Semoga dengan adanya dokter spesialis anestesi dan terapi intensif ini, layanan kesehatan RSUD Kapuas mampu berjalan optimal, dan tanpa pasien harus dirujuk lagi ke rumah sakit lain guna mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik di Kabupaten Kapuas,” akhirnya menutup wawancara.

(Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom).