RSUD Kapuas Mendapatkan Dokter Spesialis Bedah Baru Untuk Optimalkan Pelayanan Kesehatan Bedah

KUALA KAPUAS – Sejak awal bulan April 2023, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Kalimantan Tengah kembali mendapatkan tambahan (SDM) Sumber Daya Manusia Tenaga Kesehatan Dokter Spesialis Bedah yaitu dr. Hendy Buana Vijaya, Sp.B yang bertugas di Ruang Instalasi Bedah Sentral dan Poliklinik Bedah.

Dengan tambahan tenaga medis ini, maka Instalasi Bedah Sentral RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memiliki dua orang Dokter Spesialis Bedah bersama dr. Rintho Alexander Tangkudung, Sp.B yang sudah lama bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

dr. Hendy Buana Vijaya, Sp.B merupakan dokter spesialis bedah, alumni dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan sudah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dokter Spesialis Bedah sejak tanggal 18 Januari 2023.

Seperti diketahui, Instalasi Bedah Sentral (IBS) merupakan salah satu dari sistem pelayanan kesehatan di Rumah Sakit guna memberikan pelayanan kepada pasien yang memerlukan tindakan bedah / operasi, baik untuk kasus-kasus bedah terencana (elektif) maupun untuk kasus-kasus bedah darurat (emergency).

Instalasi Bedah Sentral (IBS) merupakan suatu kesatuan koordinasi dari beberapa unit fungsional dengan petugas terlatih dan peralatan khusus yang mempunyai sistem kerja dan sistem lingkungan tertentu guna menunjang terlaksananya proses operasi.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, dengan bertambahnya SDM Dokter Spesialis Bedah ini, pelayanan pasien bedah di RSUD Kapuas akan semakin efektif, karena RSUD Kapuas wajib memiliki dua orang dokter spesialis bedah untuk menunjang layanan kesehatan apabila ada tindakan operatif.

dr. Fajar begitu beliau disapa menjelaskan, dokter spesialis bedah baru ini merupakan dokter pengganti dari dr. Antonius Nirmala, Sp.B yang pindah tugas tempat bekerja ke RSUD Sragen Jawa Tengah, setelah mengabdi dan melayani pasien bedah di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas selama kurang lebih 5 tahun di Kabupaten Kapuas dan RSUD Kapuas memberikan apresiasi kepada beliau atas pengabdiannya selama ini.

“Semoga dengan adanya dokter pengganti spesialis bedah ini, membuat layanan bedah RSUD Kapuas semakin maju dan apabila ada pasien dengan keperluan tindakan operasi darurat dapat langsung dilaksanakan tanpa harus merujuk ke rumah sakit ke Banjamasin ataupun Palangka Raya,” pungkasnya. (Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom).