RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Ikut Ramaikan Kapuas Expo 2023

KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas (RSUD Kapuas) ikut meramaikan Kapuas Expo 2023 yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-217 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 72.

Dalam booth pada Kapuas Expo 2023 yang berada di Kawasan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas ini, RSUD Kapuas memberikan pelayanan kesehatan berupa layanan donor darah bagi pengunjung yang bersedia untuk memberikan atau mentransfusi darahnya dan akan diberikan hadiah berupa bingkisan nutrisi makanan dan minuman sebagai pengganti asupan nutrisi sehat bagi darah yang didonorkan.

dr. Erny Indrawati selaku Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menugaskan anggotanya yaitu para staf UTD ahli transfusi darah, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik serta mengedukasi atau sambil memberikan penyuluhan kesehatan terkait akan manfaat dari donor darah baik bagi pasien yang menerima atau bagi sang pendonor darah.

Adapun dijelaskan beliau, kegunaan dari rutin mendonorkan darah bagi si pendonor antara lain menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung & pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, mendeteksi dini penyakit serius, dan membuat lebih sehat secara psikologis.

“Melalui kegiatan expo ini diharapkan ketersediaan stok darah yang tersedia di Unit Transfusi Darah RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas cukup dan maksimal untuk memberikan layanan kesehatan terkait kebutuhan pasien yang memerlukan tambahan transfusi darah dan apabila sedang dirawat di rumah sakit”.

Dalam booth ini, dirinya pun menyebutkan terdapat informasi dan edukasi kesehatan lainnya dan layanan kesehatan lain apabila pengunjung memerlukan pemeriksaan tekanan darah tersedia petugas kesehatan yang ditugaskan secara berkala atau bergiliran dari RSUD Kapuas selama pelaksanaan Kapuas Expo Tahun 2023. (Penulis: PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom)