RSUD Kapuas Gelar In-House Training (IHT) PAP, SKP, AKP, PKPO Untuk Perawat dan Bidan

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas pada tanggal 14-16 September 2022 menggelar kegiatan In–house Training (IHT) PAP, SKP, AKP, PKPO Untuk Perawat dan Bidan, bertempat di Aula Gedung Lantai-2 Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No. 16 Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yaitu dr. Agus Waluyo, MM, didampingi Kabag. Kesekretariatan dan RM. H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, Kabag. Keuangan Yuli Antie, SE, MM, dan Kabid. Keperawatan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, beserta jajaran manajemen rumah sakit dan peserta In–house Training (IHT) PAP, SKP, AKP, PKPO untuk Perawat dan Bidan yang sudah dijadwalkan.

Dalam sambutannya dr. Agus biasa beliau disapa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan IHT ini dan juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan Peserta yang sudah hadir dalam kegiatan IHT ini. “Hal ini merupakan kegiatan yang sangat penting guna menambah pengetahuan dan mengupgrade wawasan terbaru terkait pemenuhan elemen penilaian Akreditasi Rumah Sakit bagi tenaga kesehatan khususnya bidan dan perawat yang bertugas di RSUD Kapuas,” ujarnya.

Ketua Akreditasi Rumah Sakit, Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM menjelaskan In–house Training (IHT) ini merupakan penerapan materi pelatihan dari Empat Pokja Akreditasi Rumah Sakit, antara lain Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Akses dan Kesinambungan Pelayanan (AKP), dan Pelayanan Kefarmasian dan Pengggunaan Obat (PKPO).

“Dalam menghadapi Penilaian Survey Akreditasi Rumah Sakit dari KARS, instrumen penilaian yang digunakan yaitu berdasarkan Standar Akreditasi Rumah Sakit Kemenkes RI Tahun 2022, diharapkan seluruh karyawan rumah sakit tanpa terkecuali dapat saling bekerja sama dan berkolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait untuk menyukseskan pelaksanaannya sehingga mendapatkan hasil yang terbaik yaitu predikat Rumah Sakit dengan pelayanan Paripurna,”pungkasnya. (PromkesRSUDKps)