Direktur RSUD Kapuas Mendampingi Wakil Bupati Kapuas Menghadiri City Sanitation Summit (CSS) XX Tahun 2022

TANGERANG – Bapak Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Drs. H. M. Nafiah Ibnor, M.M. didampingi oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM, menghadiri acara City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2022 di Kabupaten Tangerang yang merupakan agenda AKKOPSI, pada hari Selasa s.d. Kamis (06 – 08/09/2022) pagi bertempat di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

Terkait tema yang dipilih untuk CSS XX adalah ‘Sanitasi Aman Investasi Masa Depan’. Agenda kegiatan CSS XX yang dijadwalkan meliputi Seminar, Sharing Session, Musyawarah Nasional, Kunjungan Lapangan Dan Expo. Acara dimulai dengan Seremoni Pembukaan, Seminar, Sharing Session dan Musyawarah Nasional AKKOPSI. Kemudian pada hari selanjutnya dilaksanakan Kunjungan Lapangan SMPN 2 Curug, Ketapang Aquaculture, dan RSUD Balaraja.

Pelaksanaan acara ini City Sanitation Summit (CSS) XX tahun 2022 dihadiri ratusan perwakilan Bupati dan Walikota di seluruh wilayah Indonesia. Seperti diketahui, AKKOPSI adalah Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi, yang merupakan suatu forum strategis untuk bertukar pengalaman, membangun kemitraan, advokasi dan promosi.

dr. Agus biasa beliau disapa mengatakan sanitasi yang tidak baik di suatu wilayah adalah salah satu penyebab dari stunting. Maka dari itu, ia sangat mengapresiasi Kabupaten Tangerang selaku Kabupaten/Kota percontohan yang fokus terhadap pembenahan sanitasi di sejumlah infrastruktur, seperti sekolah dan pondok pesantren.

“RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah melakukan pengelolaan sanitasi di rumah sakit dengan memiliki pengelolaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang dikelola oleh petugas sanitarian, semoga dengan mengikuti kegiatan CSS XX ini dapat mengaplikasikannya ke Kabupaten Kapuas sehingga menjadi semakin lebih baik lagi ke depan,” pungkasnya. (PromkesRSUDKps)