RSUD Kapuas Gelar In-House Training (IHT) Akreditasi Rumah Sakit STARKES Tahun 2022 Untuk Karyawan

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas pada tanggal 01-16 Agustus 2022 telah menggelar kegiatan In–house Training (IHT) Akreditasi Rumah Sakit STARKES (Standar Akreditasi Rumah Sakit) Tahun 2022 berdasarkan KARS dengan materi pelatihan lima dasar wajib. Pada Senin (01/08/2022) pagi bertempat di Aula Gedung Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No. 16 Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah dilaksanakan pembukaan acara IHT tersebut.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yaitu dr. Agus Waluyo, MM, didampingi Kabag. Kesekretariatan dan RM. H. Jamaluddin, SKM, M.M.Kes, Kabid. Pelayanan Medik dr. Jum’atil Fajar, MHlthSc, dan Kabid. Keperawatan Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM, beserta jajaran manajemen rumah sakit dan peserta In–house Training (IHT) yang sudah dijadwalkan.

Dalam sambutannya dr. Agus biasa beliau disapa mengucapkan terimakasih kepada Panitia dan Peserta yang sudah bersedia hadir dalam kegiatan IHT ini. “Hal ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengingat kembali dan menambah wawasan baru bagi tenaga kesehatan yang bertugas di RSUD Kapuas terkait akreditasi rumah sakit, karena sebentar lagi RSUD Kapuas akan melaksanakan kembali Survey Akreditasi Rumah Sakit setelah 3 (tiga) tahun yang lalu sudah berhasil terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Direktur RS beserta jajaran dan panitia IHT

Pada kesempatan ini diinformasikan bahwa seluruh peserta In–house Training (IHT) Akreditasi Rumah Sakit STARKES (Standar Akreditasi Rumah Sakit) Tahun 2022 ini adalah dari tenaga kesehatan yaitu perawat dan bidan yang bertugas di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dengan jumlah total peserta sebanyak 260 karyawan.

Peserta IHT Akreditasi RS

Hikmayanti, S.Kep, Ns, MM selaku Ketua Tim Akreditasi RSUD Kapuas menyampaikan “adapun materi In–house Training (IHT) Akreditasi Rumah Sakit STARKES (Standar Akreditasi Rumah Sakit) yang disampaikan kepada para peserta antara lain Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien serta Service Excellent oleh Pokja PMKP, Konsep Dasar HAIs dan Program PPI, Konsep dan Kewaspadaan Isolasi, Kebersihan Tangan / Hand Hygiene, Penggunaan APD, Pengendalian Lingkungan RS, dan beragam PPI pada pasien, Desinfeksi dan Sterilisasi Peralatan dan Penanganan Linen oleh Pokja PPI, Perlindungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Karyawan oleh Pokja MFK, dan Komunikasi & Edukasi Efektif oleh Pokja KE,” paparnya.

Pemberian Materi dari Pokja PMKP

dr. Agus menambahkan dengan dilaksanakannya IHT ini, RSUD Kapuas berusaha selalu dan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas, dimana diketahui pada akreditasi rumah sakit yang lalu RSUD Kapuas memperoleh Predikat Madya (bintang tiga) sehingga diharapkan kedepannya RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mampu mencapai predikat akreditasi rumah sakit bintang lima yang berarti pelayanan kesehatan paripurna atau yang terbaik ucapnya mengakhiri pernyataan. (PromkesRSUDKps).