BAKTI SOSIAL OPERASI MATA KATARAK MASSAL GRATIS DI RSUD KAPUAS

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Septedy, M.Si., menghadiri pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Mata Katarak Gratis dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia / World Sight Day 2021, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan bakti sosial kemanusiaan ini digelar bertempat di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jalan Tambun Bungai No.16, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kapuas Apendi, SKM, MM, dan Sekretaris dr. Tri Setya Utami, MPHM, beserta jajaran, dan Direktur RSUD Kab. Kapuas dr. Agus Waluyo, MM, beserta jajaran manajemen RS, dan DWP Kesehatan Kab. Kapuas.

Acara dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, dan dilanjutkan oleh Kadinkes dan Direktur RSUD Kapuas, kemudian bersama-sama melaksanakan live zoom meeting untuk wawancara langsung tentang pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini bersama dengan Kementerian Kesehatan Pusat DKI Jakarta. 

Diinformasikan bahwa Bakti Sosial Operasi Mata Katarak Gratis ini terselenggara atas kerja sama Klinik Mata Tambun Bungai Palangka Raya, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Kalimantan Selatan, dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas tentunya Dinas Kesehatan Kab. Kapuas dan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Berdasarkan data yang direkapitulasi dari Rekam Medik RSUD Kapuas pada hari pelaksanaan, didapatkan data dari 60 orang jumlah pasien yang melalui tahapan screening operasi katarak,  diperoleh hasil 58 orang yang berhasil dilaksanakan operasi katarak mata, sedangkan sisanya dikarenakan terkendala masalah kesehatan sehingga tidak dapat dilaksanakan.

DWP RSUD Kapuas turut serta membagikan bingkisan berupa asupan suplemen kepada tenaga kesehatan yang bertugas di ruang operasi, agar tetap terjaga kesehatannya, imunitas, dan staminanya dalam melaksanakan operasi katarak massal ini sehingga lancar tanpa suatu kendala apapun. (PromkesRSUDKps)