Bupati Kapuas Resmikan Gedung Unit Hemodialisa Baru RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT lakukan peresmian Unit Gedung Hemodialisa yang baru, bertempat di  RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kamis (26/8/2021).

Turut hadir mendampingi Bupati Kapuas, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Septedy, M.Si, Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluto, MM, beserta pejabat manajemen rumah sakit dan para staf pelayanan Unit Hemodialisa. Acara dimulai dengan pemotongan pita sebagai simbol diresmikannya gedung baru Hemodialisa dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akan pencapaian ini.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam arahan dan sambutannya menyampaikan rasa syukur atas selesainya pembangunan gedung Hemodialisa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, hal ini berkaitan dengan peningkatan kapasitas layanan publik terutama dibidang kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas.

Acara potong pita oleh Bupati Kapuas peresmian Gedung HD baru

“Diharapkan dari gedung yang baru ini, dapat memberikan pelayanan kesehatan dialisis (cuci darah) yang lebih optimal lagi bagi masyarakat, karena pada kenyataannya, kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang prima masih sangat didambakan oleh seluruh masyarakat, utamanya masyarakat yang kurang mampu berobat keluar daerah Kabupaten Kapuas,”jelasnya. 

Bupati Kapuas juga menambahkan bahwa penyediaan sarana dan prasarana rumah sakit umum daerah, merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah untuk senantiasa mendukung terselenggaranya pelayanan kesehatan yang lebih baik, serta sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pelayanan yang terus meningkat kualitas dan kuantitasnya saat ini.

Acara pemotongan tumpeng

Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo, MM menjelaskan tentang keberadaan pelayanan dialisis di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang telah dimulai sejak tanggal 10 juni 2014 hingga sekarang telah banyak membantu pasien-pasien gagal ginjal kronik sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk berobat ke luar kota. Jumlah pasien hemodialisa aktif yang rutin menjalani hemodialisis saat ini berjumlah 54 orang dan menjalani cuci darah dua kali seminggu.

Bupati Kapuas didamping Sekda Kapuas dan Direktur RS memberikan tumpeng kepada dr. Daya Daryadijaya, Sp.PD selaku dokter penanggung jawab HD

Lebih lanjut beliau menjelaskan relokasi gedung hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kapuas ini memberikan kemudahan akses bagi penggunanya,  ruangan tindakan yang lebih luas, tersedia 10 unit mesin untuk pasien umum dan 2 unit mesin untuk pasien isolasi, serta sarana prasarana lainnya yang telah ditata sesuai ketentuan peraturan yang berlaku sehingga memberikan kenyamanan bagi pasien dan keluarganya.

“Semoga hari ini dan ke depan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kapuas, terus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan bermutu, sesuai visi dan misinya. Untuk itu, diperlukan usaha dan kerja keras dari kita semua, karena masih banyak hal- hal yang senantiasa terus dibenahi untuk mewujudkan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan secara prima, mudah, murah, cepat dan nyaman,”pungkasnya. (PromkesRSUDKps)