Idul Adha 1442H RSUD Kapuas Salurkan 9 Ekor Sapi dan 1 Kambing

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021. – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, melaksanakan gotong royong pada pelaksanaan ibadah Qurban tersebut dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo dr. Agus Waluyo, MM, memimpin secara langsung pelaksanaan gotong royong tersebut diikuti oleh karyawan dan karyawati RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo.

Berdasarkan dari data panitia qurban RSUD Kuala Kapuas, jumlah hewan qurban disembelih berjumlah sembilan ekor sapi dan satu ekor kambing dan daging qurban tersebut didistribusikan atau disalurkan kepada masyarakat yang berhak. “Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ini, Panitia qurban harus menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan penyembelihan/pemotongan hewan qurban untuk kemudian disalurkan kepada karyawan dan masyarakat” ungkap Direktur RSUD tersebut. 

dr. Agus Waluyo menambahkan, sebelum memasuki tempat penyembelihan, panitia qurban maupun pemilik hewan qurban wajib mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun ditempat pencucian yang telah disiapkan dan tidak lupa memakai masker. Apabila ada yang kondisi tubuhnya sedang tidak prima, maka dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan, dan niat pengurban bisa diwakilkan kepada panitia.

“Dalam pelaksanaannya, daging hewan qurban yang sudah ditimbang secara merata, dilanjutkan oleh panitia khusus pendistribusian yang akan mengantarkan langsung paket daging qurban tersebut ke tempat masing-masing sehingga menghindari kerumunan massa guna menghindari penularan Covid-19 yang masih tinggi. Semoga ibadah qurban tahun 2021 yang diselenggarakan oleh keluarga besar RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas ini dapat bermanfaat bagi semua dan amal ibadah qurbannya diterima Allah SWT,” jelas Agus Waluyo. (PromkesRSUDKps/hmskmf)