Konsultasi Masalah Psikologis via Online

KUALA KAPUAS – Demi berpartisipasi dalam penanganan Covid-19, sejak hari Rabu, 6 Mei 2020 Pukul 08.00 WIB, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah membuka layanan Konsultasi Masalah Psikologis secara online bagi para dokter, tenaga kesehatan, paramedis, PDP, ODP Covid-19 beserta keluarganya yang saat ini tengah mengalami krisis psikologis seperti kelelahan mental dan atau berkurangnya motivasi terkait pandemi global Covid-19 ini.

Poster Layanan Konsultasi Masalah Psikologis Online di RSUD Kapuas

Konsultasi Masalah Psikologis secara Online ini akan dilayani oleh dr. Safira A. Tjandrasari, Sp.KJ selaku Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (Psikiater), dan Naomi Imaniar, M.Psi, Psikolog selaku psikolog dalam mengatasi masalah psikologis yang dihadapi masyarakat Kab. Kapuas terkait pandemi Covid-19.

Di Indonesia, belum banyak orang yang memanfaatkan konsultasi masalah psikologis untuk mengatasi masalah mental, meskipun sebenarnya mereka sangat membutuhkannya. Pasalnya, stigma negatif dalam masyarakat tentang kesehatan mental sering diidentikkan dengan hal yang berbau “kegilaan”. Orang yang mengalami masalah dengan mentalnya sering dianggap “gila”.

Menurut World Health Organization (WHO) kesehatan mental adalah suatu kondisi “sejahtera” dimana individu dapat menerapkan kecakapannya, dapat menghadapi tekanan hidup yang normal, bekerja dengan produktif dan memiliki kontribusi dalam kehidupan dikomunitasnya.

dr. Safira A. Tjandrasari, Sp.KJ (Psikiater)

Psikiater adalah profesi dokter spesialis yang mendalami ilmu kesehatan jiwa dan perilaku (psikiatri). Psikiatri sendiri adalah cabang keilmuan medis yang fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap gangguan emosional, kejiwaan, maupun perilaku. Psikiater memiliki kemampuan untuk mendiagnosis dan menangani gangguan mental pada pasien.

Untuk menjadi seorang psikiater, seseorang harus menyelesaikan pendidikan sebagai dokter umum, kemudian melanjutkan pendidikan dokter spesialisasi di bidang psikiatri selama kurang lebih 4 tahun. Lulusan spesialis kedokteran jiwa atau psikiatri kemudian akan mendapatkan gelar Sp.KJ dan dapat disebut sebagai psikiater.

Naomi Imaniar, M.Psi, Psikolog

Psikolog adalah seseorang yang mempelajari ilmu tentang mental dan proses berpikir, khususnya yang berkaitan dengan tingkah laku. Konsultasi psikologi merupakan kegiatan komunikasi dua arah antara pasien dan psikolog untuk mencari solusi atas masalah perasaan atau gangguan mental yang dialami pasien.

Berbeda dengan psikiater, seorang psikolog tidak boleh meresepkan obat-obatan kepada pasiennya. Walaupun begitu, kondisi kejiwaan yang membutuhkan pengobatan tetap bisa didiagnosis oleh psikolog. Bila memang pasien memerlukan obat-obatan, psikolog akan merujuknya ke psikiater.

Apa Manfaat Melakukan Konsultasi Masalah Psikologis?

Konsultasi masalah psikologi dapat membantu Anda menyelesaikan masalah dan keluhan yang sedang Anda hadapi, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, dan perilaku apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Sebelum sesi konseling, psikiater dan atau psikolog akan menjalin hubungan baik dan rasa saling percaya dengan pasien, sehingga pasien bisa lebih terbuka untuk menceritakan masalah yang dihadapinya.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan psikiater dan psikolog dalam konsultasi psikologis:

  • Membantu Anda memahami atau mengubah sudut pandang akan permasalahan yang sedang dihadapi
  • Memberikan saran untuk permasalahan yang Anda hadapi, misalnya ketika dihadapkan pada beberapa pilihan hidup yang sulit
  • Membantu Anda mengatasi kesedihan, rasa cemas, rasa takut yang berlebihan, atau kebiasaan buruk yang mungkin telah mengganggu keseharian Anda
  • Membantu meluruskan permasalahan dalam hubungan dengan orang lain, termasuk dengan keluarga, teman, atau pasangan dan membantu meluruskan pemikiran yang salah dipersepsikan.
  • Mendiagnosis dan membantu mengatasi masalah / gangguan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, atau bahkan skizofrenia (gangguan mental berat).

Kapan Harus Melakukan Konsultasi Masalah Psikologis?

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang perlu melakukan konsultasi masalah psikologis:

1. Masalah sudah sangat mengganggu

Sebuah masalah bisa saja membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Tak jarang pula masalah membuat seseorang putus asa, cemas berlebihan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan. Ketika sebuah masalah sudah mengganggu kehidupan dan aktivitas Anda, kemungkinan Anda membutuhkan konsultasi psikologi.

2. Gagal menyelesaikan masalah sendiri

Ketika Anda merasa sedih, cemas, atau takut, mungkin Anda sudah mencoba melakukan berbagai upaya untuk merasa lebih baik, misalnya dengan curhat, membaca buku motivasi, ataupun mengalihkan pikiran dengan olahraga.

Jika segala cara yang Anda lakukan tidak juga membuahkan hasil, mungkin ini waktunya Anda melakukan konsultasi masalah psikologi. Ingat, meminta bantuan ke psikiater ataupun psikolog bukan berarti Anda gila atau lemah.

3. Melampiaskan masalah ke hal negatif

Tanda lain Anda membutuhkan konsultasi psikologi adalah ketika Anda berusaha melupakan masalah dengan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk Anda, misalnya merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan obat-obat terlarang, atau bahkan makan berlebihan.

4. Baru saja mengalami kejadian traumatis

Apabila Anda baru saja mengalami kejadian traumatis, seperti kehilangan sosok tercinta, perceraian, atau kehilangan pekerjaan, sebaiknya Anda melakukan konsultasi masalah psikologi, terutama bila rasa sedih yang Anda rasakan tidak kunjung hilang.

Pasalnya, tidak semua orang dapat menghadapi kejadian berat seperti ini sendirian dan membutuhkan bimbingan.

Masalah dalam kehidupan dapat terjadi ketika kita tidak siap menerimanya. Masalah seperti ini membebani pikiran, mengganggu kestabilan emosi, hingga memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Ini tentunya tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi.

5. Dalam situasi lingkungan yang penuh ketegangan atau tingkat stres yang cukup tinggi

Seperti kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi oleh seluruh masyarakat di dunia saat ini.

Namun, tidak semua masalah bisa dihadapi sendiri. Terkadang Anda membutuhkan bantuan untuk meringankan beban pikiran dan mencari jalan keluar dari masalah. Di waktu yang sulit seperti ini, wajar jika Anda tidak bisa berpikir dengan jernih.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencari pertolongan profesional, yaitu dengan melakukan konsultasi masalah psikologis / kesehatan mental dengan dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater) maupun psikolog. Dalam konsultasi ini, Anda bisa menceritakan semua keluhan ataupun keresahan Anda tanpa takut dihakimi. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terutama masyarakat Kab. Kapuas Kalimantan Tengah dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Layanan Konsultasi Online Masalah Psikologis gratis ini dapat dilayani setiap hari Senin s/d Sabtu melalui no kontak :

  • dr. Safira A. Tjandrasari, Sp.KJ (Psikiater) : 082196979042 (Jam Konsultasi : 15.00 – 21.00 WIB)
  • Naomi Imaniar, M.Psi, Psikolog : 082151763868 (Jam Konsultasi : 08.00 – 14.00 WIB)

1 thought on “Konsultasi Masalah Psikologis via Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *