Koordinasi Tim RSUD Kapuas Terkait Percepatan Penyiapan Sarana Prasarana Rumah Sakit Penerima Alat Kesehatan Cathlab

JAKARTA – Direktur RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Agus Waluyo, MM, beserta rombongan Tim RSUD Kapuas berkoordinasi terkait rencana percepatan pembangunan sarana / prasarana ruang dan alat kesehatan Cathlab di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, pada hari Senin (14/10/2024) pagi di Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, yang beralamat di Jalan HR. Rasuna Said Blok X-5 Kavling 4-9 Jakarta Selatan.

Kunjungan Direktur RSUD Kapuas ini, beserta tim antara lain didampingi oleh Kabid. Keperawatan, Widjiati, SKM, MPH, Kasubbag Program dan Keuangan, Solestyanto, S.Kep, MM, dan Agung Uli Serka selaku Konsultan Perencanaan, guna berkoordinasi mengenai Percepatan Penyiapan Sarana Prasarana Rumah Sakit Penerima Alat Kesehatan Cathlab di RSUD Kuala Kapuas.

Berdasarkan Surat Pemberitahuan yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI Nomor YK.04.04/D.V/3396/2024, Perihal Surat Pemberitahuan Percepatan Penyiapan Sarana Prasarana Untuk Rumah Sakit Penerima Alat Kesehatan Cathlab Tahun 2024 dan berkaitan dengan proses distribusi alat kesehatan Cathlab pada akhir tahun 2024, RSUD Kapuas diminta untuk penyiapan sarana prasarana Cathlab agar dapat memenuhi kriteria seperti sebagaimana terlampir dan menyesuaikan dengan juknisnya.

dr. Agus begitu beliau disapa memberitahukan terkait dengan hal tersebut, Rumah Sakit penerima alat kesehatan Cathlab dapat melakukan percepatan pemenuhan sarana prasarana serta melakukan update data kesiapan pada menu di aplikasi ASPAK. Selain itu dihimbau agar dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam melakukan validasi kesiapan sarana prasarana serta melakukan validasi data kesiapan pada menu di aplikasi ASPAK.

Solestyanto juga menyampaikan Kriteria Ruangan Cathlab sesuai Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, antara lain Tersedia kelengkapan ruangan (minimal) terdiri dari Ruang Operator, Ruang Mesin dan UPS, Ruang Persiapan dan Pemulihan, Ruang Ganti Petugas, Toilet Pasien, Area Scrub, Clean Utility, dan Ruang Utilitas (AHU dan panel). Kemudian tersedia kesiapan listrik yang terdiri dari Kapasitas Listrik khusus alat sekitar 200 KVA, Kabel dari panel khusus ke UPS, Saluran/gutter untuk jalur kabel di bawah level lantai elevasi -10 cm dengan lebar minimal 20 cm (antisipasi alat cathlab dengan model floor mounted), Di dalam ruangan disediakan 3 stop kontak 1 phase, dan Di atas pintu masuk ruangan dipasang lampu indikator tanda mesin dihidupkan.

Diharapkan segala sesuatu terkait pembangunan Ruang Cathlab dan Sarana Prasarananya yang sudah berjalan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dapat terlaksana dengan lancar dan tidak ada kendala, sehingga pelayanan baru khususnya layanan Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD Kapuas dapat segera berjalan dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas. (PromkesRSUDKps)