Karyawan dan Karyawati RSUD Kapuas Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1446H/2024

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas pada Hari Jum’at tanggal 27 September 2024 melalui Majelis As Syifa yang merupakan perkumpulan kegiatan kerohanian karyawan / karyawati RSUD Kapuas yang beragama Islam melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2024 bertempat di Mushola RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas Jl. Tambun Bungai No. 16 di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Bapak M. Shaleh, S.Pd.I selaku Rohaniawan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beserta bantuan dari anggota-anggota Majelis As Syifa dan tentunya dukungan dari pihak terkait seperti jajaran Direksi dan SMF RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Adapun penceramah pada hari itu diisi oleh Ustadz H. Hasanuddin, S.Pd.I atau yang biasa dikenal dengan UAS Banjar, yang memberikan siraman rohani tentang riwayat dan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu peringatan penting bagi umat Islam. Momen ini dimeriahkan untuk mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan setiap tahun bertepatan pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam perhitungan kalender Hijriah. Merujuk Kalender Hijriah Indonesia yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 12 Rabiul Awal 1446 H dimana jatuh bertepatan pada tanggal 16 September 2024.

“Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya diperingati oleh muslim Indonesia saja. Hampir seluruh umat Islam di dunia memeriahkan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk rasa syukur dan mengenang kehidupan serta ajaran Nabi Muhammad SAW. Berbagai kegiatan pun digelar dengan tradisi masing-masing. Maksud dari perayaan maulid Nabi Muhammad SAW ini adalah untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT dan Nabi Besar Muhammad SAW sebagai utusan-NYa, dengan merayakan maulid, maka seluruh umat muslim dapat mencintai dan meneladani Rasulullah,” ujar beliau.

Secara umum, tujuan merayakan Maulid Nabi tak lain sebagai wujud rasa gembira dan syukur atas kehadiran, teladan, dan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Peringatan ini tidak hanya sekadar memperingati hari lahir, tetapi juga momentum untuk mengingat kembali perjalanan hidup, perjuangan, dan akhlak Rasulullah sebagai panutan bagi umat Islam. Selain itu, perayaan ini berguna dalam memperkuat persaudaraan muslim, bagi karyawan/karyawati muslim RSUD Kapuas dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan tulus ikhlas sesuai teladan Nabi, dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. (PromkesRSUDKps)