Visitasi Pernefri Kalimantan Tengah Pada Unit Hemodialisa RSUD Kapuas Tahun 2024

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat penderita gagal ginjal yang membutuhkan layanan cuci darah atau Hemodialisa di Kabupaten Kapuas, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan Visitasi Lapangan untuk Penyelengaraan Operasional Unit Hemodialisa. Pada hari Senin (29/07/2024) dilaksanakan kegiatan Visitasi Lapangan terkait Unit Hemodialisa RSUD Kapuas dari Perwakilan Pernefri Korwil Kalimantan Tengah.

Acara diawali dengan pemberian kata sambutan dari Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo, MM yang memberikan apresiasi terhadap kedatangan perihal visitasi dari Pernefri Korwil Kalimantan Tengah. Beliau mengatakan bahwa RSUD Kapuas merupakan salah satu yang diberi keunggulan dalam memberikan layanan Hemodialisa di masyarakatnya tentunya dengan tujuan untuk menyehatkan masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah di Kabupaten Kapuas.

Adapun kegiatan visitasi lapangan terkait kelayakan layanan Unit Hemodialisa RSUD Kapuas ini dilaksanakan oleh Dokter Supervisor yaitu dr. Riahdo Juliarman Saragih, Sp.PD-KGH, FINASIM, dari Provinsi Kalimantan Tengah yang langsung berkunjung untuk melihat langsung keadaan sebenarnya pelayanan Hemodialisa di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Selanjutnya sambutan dari Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Hemodialisa RSUD Kapuas, dr. Daya Daryadijaya, Sp.PD yang menjelaskan tentang kondisi unit hemodialisa di RSUD Kapuas yang terdiri dari beberapa unit mesin HD dan spesifikasinya.

Selepas itu acara dilanjutkan dengan telusur lapangan terkait fasilitas-fasilitas yang tersedia di unit hemodialisa, apakah sudah standar layanan, dan apa yang perlu ditingkatkan. Juga sembari telusur lapangan juga melakukan wawancara kepada keluarga pasien yang mendampingi dan sudah mendapatkan layanan dari petugas Hemodialisa RSUD Kapuas.

Harapannya dengan terselenggaranya visitasi Unit Hemodialisa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dari Pernefri Korwil Kalimantan Tengah ini dapat memberikan manfaat dan masukkan yang positif bagi RSUD Kapuas sehingga pasien atau masyarakat Kab. Kapuas yang memerlukan layanan cuci darah dapat dilayani dengan maksimal sehingga angka harapan hidup semakin meningkat tentunya dengan mutu pelayanan rumah sakit yang semakin baik. (PromkesRSUDKps)