Tim RSUD Kapuas Hadiri Bimtek Aplikasi E-BLUD dan Dewas di Jakarta

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) wilayah tugasnya masing-masing, dan seiring dengan kemajuan zaman digitalisasi pada saat ini. Maka jajaran Direksi manajemen RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, mengirimkan langsung Direktur dan para Kabag / Kabid, Kasubbag / Kasi, beserta staf karyawannya dan Dewan Pengawas yang berkaitan dengan pegelolaan keuangan BLUD untuk mengikuti pelatihan praktek E-BLUD Penatausahaan Keuangan dengan menggunakan Aplikasi E-BLUD.

Terutama bagi Rumah Sakit yang statusnya sudah menjadi BLUD Rumah Sakit diseluruh Indonesia, termasuk RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang mana wajib mengikuti kegiatan tersebut untuk menambah wawasan dan ilmu dalam bidang keuangan melalui Aplikasi Online bersamaan dengan pemaparan tupoksi untuk Dewan Pengawas.

“Momen pelatihan itu berlangsung selama tiga hari mulai 19 hingga 21 Juni 2024 di Jakarta dengan mengambil tempat tepatnya di Hotel Luminor Pecenongan Jakarta Pusat. Dalam proses pelatihan itu pihak RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dipimpin langsung oleh dr. Agus Waluyo, MM selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kapuas, yang didampingi pejabat administrator RSUD diantaranya, Kastalani, SKM, MAP, selaku Kepala Bidang (Kabid) Yanmed dan Mutu Pelayanan, Widjiati, SKM, MPH, selaku Kabid Keperawatan, Solestyanto, S.Kep, MM, selaku Kasubag. Program dan Keuangan, beserta staf keuangan dan PPTK BLUD RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas.” ungkap dr. Agus Waluyo, MM Direktur RSUD Kapuas.

Kemudian sambung dr. Agus begitu beliau disapa menyebutkan dalam pelatihan itu ada beberapa materi yang wajib dikuti seluruh peserta. Salah satu materi yang dipaparkan adalah terkait tentang Aplikasi E-BLUD SIPD dan membahas tentang Dewan Pengawas (Dewas) BLUD RSUD. Oleh karena hal ini penting diikuti maka jajaran yang terkait pelaksanaan BLUD RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas mengirim beberapa pegawai dan stafnya yang berkaitan dalam bidang pelatihan praktek E-BLUD tersebut.

dr. Agus menambahkan untuk meningkatkan SDM ASN yang ada dalam naungan Rumah Sakit Umum Daerah Kapuas wajib mengimbangi kecanggihan teknologi modern di era industri 5.0 saat ini. Dikarenakan, pentingnya SDM semua ASN bekerja di UPT Pemberi Pelayanan Kesehatan haruslah dibarengi skill yang mumpuni agar mampu bersaing dengan pesatnya teknologi digital sekarang ini. Pihaknya sangat bersyukur dengan adanya momen pelatihan praktek E-BLUD penatausahaan dan sekaligus pemaparan dan penjelasan tugas dan fungsi jabatan Dewan Pengawas (Dewas).

“Diharapkan usai mengikuti Bimtek pelatihan E-BLUD ini, terutama bagi Pejabat yang Baru dan PPTK, serta Pegawai dan Stafnya bisa menerapkan semua ilmu yang didapati melalui pelatihan tersebut. Apa lagi penerapannya dibaluti, dengan berbagai terobosan dan inovasi untuk kemajuan Rsud Kapuas,” akhir kata beliau. (PromkesRSUDKps).

Narasumber : dr. Agus Waluyo, MM

Editor/Adminkes : Popo Subroto, SKM, M.I.Kom