Kunjungan dan Rapat Kerja Dewan Pengawas Terkait Mutu Pelayanan RSUD Kapuas Tahun 2025

KUALA KAPUAS – RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Pengawas Rumah Sakit bersama Manajemen Rumah Sakit dan Komite Mutu Rumah Sakit pada, Hari Rabu (02/06/2025) pagi bertempat di Aula Gedung Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No. 16 Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Perwakilan Dewan Pengawas diterima oleh Perwakilan Direktur RSUD Kapuas, yaitu Kabid. Pelayanan Medik dan Mutu Pelayanan, Kastalani, SKM, MAP, didampingi, Kasubbag Program dan Keuangan, Solestyanto, S.Kep, MM, beserta Tim Komite Mutu Rumah Sakit. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih kepada Dewan Pengawas yang sudah bersedia hadir dalam rapat koordinasi terkait monitoring dan evaluasi pengawasan pelaksanaan pelayanan kesehatan mengenai mutu pelayanan di  RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sejauh ini.

Dewan Pengawas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Pandit, SKM.,MM, dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kapuas diwakili oleh Sekretaris BPKAD Purwanto, S.IP,. MA.

Presentasi kemudian diberikan oleh Yuliza, SKM, MM selaku Ketua Komite Mutu tentang Indikator Nasional Mutu (INM) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM), selanjutnya dr. Edwin Bima Putra Lius, mempresentasikan materi Indikator Keselamatan Pasien (IKP), dan Lilik Sugianto, S.Kep, Ns, MM, selaku Kasi. Asuhan Keperawatan, mempresentasikan tentang Manajemen Resiko. Hal ini terkait pula dengan peran dewan pengawas dalam monitoring serta evaluasi terlaksananya akreditasi rumah sakit sesuai standar yang telah ditetapkan.

Solestyanto, S.Kep, MM, menanggapi presentasi dengan mengatakan bahwa dengan dilakukannya koordinasi bersama dewan pengawas ini, merupakan prioritas Sub Bagian Program dan Keuangan sebagai bahan perencanaan pembanguan ke depan di RSUD Kapuas. 

Purwanto, S.IP,. MA, menanggapi pula bahwa terlihat dari hasil paparan menunjukkan potret rumah sakit ada capaian-capaian yang dilakukan dan sebagian besar sudah tercapai. Ada yang belum tercapai karena membutuhkan anggaran yang besar seperti Peningkatan SDM di ICU terkait anggaran besar dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Pandit, SKM, MM, juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian yang ditampilkan oleh RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, diharapkan supaya terus semangat dan pengumpul datanya bisa diberikan reward atau insentif untuk penambah semangat kerja.

Kastalani, SKM, MAP, menanggapi penyataan dari Dewan Pengawas, apabila RSUD Kapuas rutin dimonitoring dan dievaluasi, maka akan semakin terarah pembangunan layanan kesehatannya, dan tentunya meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Selanjutnya juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas selaku Pemilik Rumah Sakit, dan Direktur RSUD Kapuas beserta jajarannya karena dalam beberapa tahun ini adanya perhatian lebih terkait pembangunan sarana dan prasarana di RSUD Kapuas.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan telusur lapangan di lingkungan kawasan RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas bersama para dewan pengawas dan Manajemen RS, untuk melihat kondisi nyata progres bangunan rumah sakit, sarana dan prasarana yang sudah tersedia di rumah sakit dan yang harus dibenahi untuk pencapaian mutu dan kualitas pelayanan maksimal kepada pasien. (PromkesRSUDKps/hmskmf)