Pelaksanaan Medical Check Up Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas di RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – Sejak akhir bulan April hingga awal bulan Mei tahun 2023 ini, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas cukup banyak menerima permintaan Medical Check Up (MCU) atau Kier Kesehatan yang merupakan salah satu syarat mutlak dalam melengkapi ketentuan persyaratan suatu pekerjaan, dimulai dari permintaan PPPK Tenaga Guru, selanjutnya diikuti oleh para calon anggota DPRD dari masing-masing Partai Politik yang ada di Kabupaten Kapuas, bertempat di Aula RSUD Kapuas yang beralamat di Jalan Tambun Bungai No.16, Selasa (2/05/2023).

Menurut pantauan langsung, berdasarkan data dari Rekam Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, beberapa Partai Politik sudah mengirimkan daftar para calon yang diusulkan secara kolektif atau satu kelompok per partai untuk mengikuti Medical Check Up di RSUD Kapuas sesuai arahan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah.

Ruang Pendaftaran Rawat Jalan RSUD Kapuas

Beberapa partai politik yang sudah lama berkecimpung dan terpantau sudah mengirimkan daftar calon anggota legislatifnya untuk mengikuti MCU, antara lain PKB, Golkar, PDI Perjuangan, dan Gerindra. Dari informasi peserta yang mengikuti, diketahui permintaan MCU atau hasil cek kesehatan calon anggota legislatif ini paling lambat hingga tanggal 14 Mei 2023.

Loket Pendaftaran MCU

Berdasarkan informasi Kasubbag. Rekam Medik dan Pelaporan, Nurdiana, S.Kep, menuturkan bahwa Paket Medical Check Up Lengkap yang dilakukan di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas antara lain terdiri dari Pemeriksaan Fisik Jasmani meliputi Pemeriksaan EKG, Radiologi, Cek Buta Warna. Kemudian Pemeriksaan Laboratorium meliputi Pemeriksaan Darah Lengkap, Kreatinin, Ureum, SGPT, SGOT, Cholesterol Total, HDL, LDL, Trigliceride, Urin Lengkap, GDS Puasa, Asam Urat, Pemeriksaan Narkoba, serta Konsultasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

“Selain pemeriksaan Jasmani juga dilakukan Pemeriksaan Rohani meliputi Pemeriksaan MMPI Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) adalah suatu pemeriksaan psikologis yang bertujuan untuk mengevaluasi karakteristik kepribadian dan psikopatologi, dan setelah itu dilanjutkan peserta konsultasi atau wawancara langsung dengan Dokter Spesialis Jiwa sehingga memerlukan waktu yang lumayan untuk mendapatkan hasil yang akurat,” pungkasnya. (PromkesRSUDKps/Popo Subroto, SKM, M.I.Kom).