Visitasi Pernefri Korwil Jatim Pada Unit Hemodialisa RSUD Kapuas

KUALA KAPUAS – Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal untuk masyarakat penderita gagal ginjal yang membutuhkan layanan cuci darah atau Hemodialisa di Kabupaten Kapuas, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas melaksanakan Visitasi Lapangan untuk bangunan Hemodialisa baru. Pada hari Rabu (23/03/2022) dilaksanakan kegiatan Visitasi Lapangan terkait Unit Hemodialisa RSUD Kapuas dari Perwakilan Pernefri Korwil Jawa Timur.

Acara diawali dengan pemberian kata sambutan dari Direktur RSUD Kapuas dr. Agus Waluyo, MM yang memberikan apresiasi terhadap kedatangan perihal visitasi dari Pernefri Korwil Jawa Timur, karena supervisi Pernefri Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Kapuas masih tergabung dalam lingkup regional Jawa Timur. Beliau mengatakan bahwa RSUD Kapuas merupakan salah satu yang diberi keunggulan dalam memberikan layanan Hemodialisa di masyarakatnya tentunya dengan tujuan untuk menyehatkan masyarakat yang membutuhkan layanan cuci darah di Kabupaten Kapuas.

Adapun kegiatan visitasi lapangan terkait kelayakan layanan Unit Hemodialisa RSUD Kapuas ini dilaksanakan oleh Supervisor dr. Widodo, Sp.PD-KGH Tim dari Provinsi Kalimantan Tengah yang langsung berkunjung dari Jawa Timur untuk melihat langsung keadaan sebenarnya pelayanan Hemodialisa di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

dr. Widodo mengatakan sangat antusias melihat kondisi bangunan Unit Hemodialisa yang baru di RSUD Kapuas, hal ini dapat dilihat dari luas bangunan yang semakin besar serta kelengkapan sarana dan prasarananya. Dari hasil telusur lapangan menurut beliau sudah sangat baik, hanya beberapa item yang masih bisa dilengkapi seperti dokumen tambahan Rekam Medis, serta tenaga penunjang yang ikut berkontribusi melayani seperti tenaga farmasi terkait layanan obat dan tenaga elektromedik yang diharapkan dapat ditambah kuantitasnya untuk pemeliharaan alat hemodialisa.

Telusur Lapangan

“Diharapkan dengan visitasi ke Unit Hemodialisa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dari Pernefri Korwil Jawa Timur ini dapat memberikan manfaat dan masukkan yang positif bagi RSUD Kapuas sehingga pasien atau masyarakat Kab. Kapuas yang membutuhkan layanan Hemodialisa dapat dilayani maksimal sehingga angka harapan hidup semakin meningkat tentunya dengan mutu pelayanan RS yang sangat baik serta seluruh tenaga kesehatan yang melayani semakin maju dan ikhlas dalam melayani masyarakat”, pungkasnya. (PromkesRSUDKps)