Survey Reakreditasi RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas

KUALA KAPUAS , RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menjalani Survey penilaian Akeditasi Rumah Sakit SNARS Edisi 1 pada tanggal 30 September 2019 – 3 Oktober 2019, yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Dalam kesempatan ini tim independen (KARS) melakukan assesment terhadap rumah sakit berdasarkan standar akreditasi yang berlaku. Rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari Pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan manajemen yang ditetapkan.

Dalam Akreditasi RS SNARS Edisi 1 terdapat 16 bab/kelompok kerja (Pokja), antara lain: Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Manajemen Komunikasi dan Edukasi (MKE), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Program Nasional (Prognas), Akses Ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan (ARK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Manajemen Informasi dan Rekam Medik (MIRM), Kompetensi dan Kewenangan Staf (KKS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola Rumah Sakit (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK) dan Integrasi Pendidikan Kesehatan Dalam Pelayanan Rumah Sakit (IPKP).

Penilaian yang dilakukan oleh Tim penilai (surveior) selama berada di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas selama 4 hari yang terdiri dari 4 orang yaitu :

  1. Dr. dr. Purwadi, SST, MK, MS, MARS sebagai Ketua (Surveior Manajemen)
  2. H. Akhmad Zarkasi, S.Kep, Ners, M.Kes sebagai Anggota (Surveior Keperawatan)
  3. dr. Cinderella A. N. Rieuwpassa, Sp.OG (K) sebagai Anggota (Surveior Medis)
  4. dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, Sp.OG (K), MM sebagai Anggota (Surveior Medis)

Agenda survei terdiri dari Pimpinan RS mempresentasikan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RS, Dilanjutkan telaah dokumen, telaah rekam medik tertutup dan telaah rekam medik terbuka serta telusur lapangan, Penilaian lapangan ditekankan pada telusur pasien untuk di wawancarai/ observasi langsung atas pelayanan kesehatan yang telah/sedang/akan diterima pasien. Dalam waktu yang bersamaan, kelengkapan dokumen akreditasi juga di observasi dan ditanyakan pada jajaran staf dan pimpinan RS. Pelaksanaan hari ke-dua diawali dengan klarifikasi hasil telaah dokumen dan telusur lapangan yang dilaksanakan di hari pertama survei, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dengan Pemilik Rumah Sakit (Pemerintah Daerah Kab. Kapuas), Pejabat struktural, Dewan Pengawas dengan Tim surveior.. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan telusur lapangan. Hari ke-tiga dimulai dengan klarifikasi telusur yang dilaksanakan pada hari ke-dua dilanjutkan dengan wawancara dengan Institusi Pendidikan, Instruktur Klinis dan mahasiswanya, kemudian dilanjutkan kembali dengan telusur lapangan. Hari ke-empat diawali dengan lanjutan telusur lapangan dan ditutup dengan Exit Conference oleh Tim Surveior yang merupakan agenda terakhir dari pelaksanaan survey akreditasi selama 4 hari.

Survei Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 yang telah dilakukan oleh KARS terhadap RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, merupakan komitmen RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas untuk terus meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan bagi masyarakat sesuai dengan visi dan misi rumah sakit. (PKRSKps)

Tinggalkan Balasan